RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Nurul Huda Harjowinangun Barat
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 2
Tema 6 : Cita-Citaku
Sub Tema 1 : Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.6 Menggali
isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan.
4.6 Melisankan
puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator :
·
siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
·
siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri
puisi secara terperinci.
IPA
3.2 Membandingkan
siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya
pelestariannya.
4.2 Membuat
skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan
sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
Indikator :
·
siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di
sekitarnya dengan baik.
·
siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di
sekitarnya dengan benar.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu
mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan
hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
3. Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4. Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan
tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya
dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
• Mengamati dan berdiskusi, dan mengidentifikasikan
ciri-ciri puisi.
• Membuat kesimpulan, dan menyajikan hasil pengamatan
tentang ciri-ciri puisi.
• Melakukan pengamatan, dan mengidentifikasi siklus
makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
• Menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan
tumbuhan, dan membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang
seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru
siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain
menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
·
Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku
dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
·
Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus
ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh
berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang
dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan
keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
·
Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada
halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan
kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut.
·
Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan
bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru
membimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan
pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
2.
Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota
yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
3.
Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan
ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu
dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.
Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas
kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b.
Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi
beberapa bagian?
c.
Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
d.
Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir
dalam setiap baris?
4.
Tunjukkan keteraturan itu!
·
Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya
dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
·
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan
kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Hasil yang diharapkan
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati teks puisi,
kemampuan dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
·
Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada
halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah
bait puisi dan menuliskannya pada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
·
Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita
mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas
tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter
hewan.
·
Guru dapat memberikan pertanyaan:
1.
Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter
hewan?
2.
Apakah tugas utama seorang dokter hewan?
·
Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang
terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan
yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana
hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
·
Guru dapat memberikan pertanyaan:
1.
Apakah kalian memiliki hewan peliharaan?
2.
Apakah hewan peliharaanmu mempunyai anak?
3.
Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuhan hewan yang kamu
ketahui?
Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara
berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang
terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan
pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar.
Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil
diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang
terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya
di depan kelas.
Hasil yang diharapkan
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati gambar
tahapan perkembangan hewan, kemampuan dan keterampilan siswa dalam
mengidentifikasi siklus hidup mahkluk hidup.
1.
Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan
cita-citamu?
2.
Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain
dengan menggapai cita-citamu?
3.
Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan
peliharaan?
Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan
membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar tentang kegiatan-kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk
merefleksikan:
·
Sikap apa saja yang perlu mereka bangun dalam menggapai
cita-cita.
·
Manfaat apa yang akan mereka berikan kepada orang lain
dengan cita-cita yang mereka miliki tersebut.
·
Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap makhluk hidup yang
ada disekitarnya, sikap apa saja yang perlu ditunjukkan dalam memelihara
hewan peliharaan.
Siswa mengamati hewan-hewan peliharaan yang ada di sekitar
rumahnya, siswa bersama dengan orang tuanya di rumah berdiskusi tentang
tahapan-tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan-hewan tersebut.
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
·
Sebagai
penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan
sepanjang hari ini.
·
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
15 menit
|
G. MEDIA/ALAT
BANTU DAN SUMBER BELAJAR
·
Buku Pedoman Guru Tema : Cita-Citaku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·
Buku Siswa Tema : Cita-Citaku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·
Buku Teks, gambar hewan dan tumbuhan, contoh-contoh puisi,
lingkungan sekitar.
H. PENILAIAN
- Membuat Kesimpulan dari
Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan
Penilaian:
-
Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri
puisi.
Aspek
|
Sangat baik
|
baik
|
cukup
|
perlu pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan tentang ciri-ciri puisi
|
Menyebutkan dengan benar semua ciri puisi.
|
Menyebutkan 3 ciri puisi dengan benar.
|
Menyebutkan 2 ciri puisi dengan benar.
|
Hanya dapat menyebutkan 1 ciri puisi
|
Keterampilan menuliskan hasil kesimpulan pengamatan
dan diskusi tentang ciri-ciri puisi dengan benar dan bahasa yang runtut
|
Menuliskan semua ciri-ciri puisi dengan benar dan
runtut.
|
Menuliskan 3 ciri-ciri puisi dengan bahasa yang runtut
.
|
Menuliskan dengan benar 2 ciri-ciri puisi dan bahasa
kurang runtut.
|
Menuliskan dengan benar 1 ciri-ciri puisi dengan
bahasa kurang runtut
|
- Menyusun Tahapan Perkembangan
Hewan
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: daftar periksa/rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2
Tujuan Kegiatan Penilaian:
-
Mengukur pemahaman siswa tentang tahapan perkembangan hewan.
- Mengembangkan keterampilan siswa dalam membuat skema siklus
hidup makhluk hidup.
Aspek
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
Pengetahuan tentang tahapan pertumbuhan hewan.
|
Mampu menyusun 4 gambar tahapan pertumbuhan hewan dengan
sangat tepat.
|
Mampu menyusun 3 gambar tahapan pertumbuhan hewan dengan
tepat.
|
Mampu menyusun 2 gambar tahapan pertumbuhan hewan.
|
Tidak mampu menyusun tahapan pertumbuhan hewan dengan tepat.
|
|||
Keterampilan menyajikan kesimpulan tentang tahapan
pertumbuhan hewan.
|
Kesimpulan ditulis dengan tepat dan meliputi 4 tahapan
sesuai dengan gambar.
|
Kesimpulan ditulis dengan tepat meliputi 3 tahapan sesuai
dengan gambar.
|
Kesimpulan ditulis dengan tepat meliputi 2 tahapan sesuai
dengan gambar.
|
Kesimpulan ditulis dengan kurang tepat dan tidak meliputi
tahapan sesuai dengan gambar.
|
|||
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002
|
|
Guru Kelas IV
.............................................
NIP. ....................................
|
0 comments:
Post a Comment