Thursday, March 15, 2018

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku

Berikut ini hanyak contoh RPP Kurikulum 2013, untuk file lengkapmya silakan download pada link dibawah dengan klik tombol DOWNLOAD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan             :  MI Nurul Huda Harjowinangun Barat
Kelas / Semester                :   IV (Empat) / 2
Tema 6                               :   Cita-Citaku
Sub Tema 1                        :   Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran                     :   1
Alokasi Waktu                    :   5 x 35 menit

A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1   :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3   :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4   :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.6        Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6        Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Indikator :
·         siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
·         siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.

IPA
3.2        Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2        Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
Indikator :
·         siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
·         siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2.     Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
3.     Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.     Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
       Mengamati dan berdiskusi, dan mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.
       Membuat kesimpulan, dan menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi.
       Melakukan pengamatan, dan mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
       Menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, dan membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

E.      METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan          : Saintifik
·         Metode                :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·              Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
·              Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
·              Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
10 menit
Inti
·              Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
·              Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut.
·              Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
1.     Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
2.     Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
3.     Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.     Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b.    Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c.     Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
d.    Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
4.     Tunjukkan keteraturan itu!
·              Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
·              Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

Hasil yang diharapkan
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati teks puisi, kemampuan dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.

·              Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannya pada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
·              Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
·              Guru dapat memberikan pertanyaan:
1.     Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
2.     Apakah tugas utama seorang dokter hewan?
·              Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.

·              Guru dapat memberikan pertanyaan:
1.     Apakah kalian memiliki hewan peliharaan?
2.     Apakah hewan peliharaanmu mempunyai anak?
3.     Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuhan hewan yang kamu ketahui?
Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.

Hasil yang diharapkan
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati gambar tahapan perkembangan hewan, kemampuan dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi siklus hidup mahkluk hidup.

1.     Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?
2.     Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu?
3.     Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?
Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan:
·              Sikap apa saja yang perlu mereka bangun dalam menggapai cita-cita.
·              Manfaat apa yang akan mereka berikan kepada orang lain dengan cita-cita yang mereka miliki tersebut.
·              Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap makhluk hidup yang ada disekitarnya, sikap apa saja yang perlu ditunjukkan dalam memelihara hewan peliharaan.

Siswa mengamati hewan-hewan peliharaan yang ada di sekitar rumahnya, siswa bersama dengan orang tuanya di rumah berdiskusi tentang tahapan-tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan-hewan tersebut.
30 Menit X  35 JP
Penutup
·              Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
·              Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit




G.      MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR
·         Buku Pedoman Guru Tema : Cita-Citaku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·         Buku Siswa Tema : Cita-Citaku Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·         Buku Teks, gambar hewan dan tumbuhan, contoh-contoh puisi, lingkungan sekitar.

H.      PENILAIAN
  1. Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
-   Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
Aspek
Sangat baik
baik
cukup
perlu pendampingan
4
3
2
1
Pengetahuan tentang ciri-ciri puisi
Menyebutkan dengan benar semua ciri puisi.
Menyebutkan 3 ciri puisi dengan benar.
Menyebutkan 2 ciri puisi dengan benar.
Hanya dapat menyebutkan 1 ciri puisi
Keterampilan menuliskan hasil kesimpulan pengamatan dan diskusi tentang ciri-ciri puisi dengan benar dan bahasa yang runtut
Menuliskan semua ciri-ciri puisi dengan benar dan runtut.
Menuliskan 3 ciri-ciri puisi dengan bahasa yang runtut .
Menuliskan dengan benar 2 ciri-ciri puisi dan bahasa kurang runtut.
Menuliskan dengan benar 1 ciri-ciri puisi dengan bahasa kurang runtut

  1. Menyusun Tahapan Perkembangan Hewan
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: daftar periksa/rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2
Tujuan Kegiatan Penilaian:
-   Mengukur pemahaman siswa tentang tahapan perkembangan hewan.
-   Mengembangkan keterampilan siswa dalam membuat skema siklus hidup makhluk hidup.

Aspek
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu
Pendampingan
4
3
2
1
Pengetahuan tentang tahapan pertumbuhan hewan.
Mampu menyusun 4 gambar tahapan pertumbuhan hewan dengan sangat tepat.
Mampu menyusun 3 gambar tahapan pertumbuhan hewan dengan tepat.
Mampu menyusun 2 gambar tahapan pertumbuhan hewan.
Tidak mampu menyusun tahapan pertumbuhan hewan dengan tepat.
Keterampilan menyajikan kesimpulan tentang tahapan pertumbuhan hewan.
Kesimpulan ditulis dengan tepat dan meliputi 4 tahapan sesuai dengan gambar.
Kesimpulan ditulis dengan tepat meliputi 3 tahapan sesuai dengan gambar.
Kesimpulan ditulis dengan tepat meliputi 2 tahapan sesuai dengan gambar.
Kesimpulan ditulis dengan kurang tepat dan tidak meliputi tahapan sesuai dengan gambar.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002



Guru Kelas IV



.............................................
NIP. ....................................

0 comments:

Post a Comment