Thursday, March 15, 2018

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku

Berikut ini hanyak contoh RPP Kurikulum 2013, untuk file lengkapmya silakan download pada link dibawah dengan klik tombol DOWNLOAD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan             :   MI Nurul Huda Harjowinangun Barat
Kelas / Semester                :   IV (Empat) / 2
Tema 7                               :   Indahnya Keragaman di Negeriku
Sub Tema 1                        :   Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran                     :   1
Alokasi Waktu                    :   1 Hari


A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1   :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3   :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4   :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia..

B.      KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.7        Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.7        Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Indikator :
·         menuliskan kata sulit dalam bacaan danmampu menjelaskan artinya dengan tepat.
·         menjelaskan dan menuliskan pokokpikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar.

IPA
3.3        Mengidentifikasi macammacam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3        Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
Indikator :
·         menjelaskan pengertiangaya dengan tepat.
·         menjelaskanpengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampumenemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia dengan benar.
2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi barumengenai suku bangsa di Indonesia dengan tepat.
3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan danmampu menjelaskan artinya dengan tepat.
4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokokpikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar.
5.     Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertiangaya dengan tepat.
6.     Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskanpengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
       Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
       Dengan berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bentuk tabel dan dapat memahami artinya.
       Dengan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan pokok pikiran dalam setiap paragraf dalam teks bacaan.
       Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengaruh gaya terhadap benda.
       Dengan mengamati gambar, siswa mampu menentukan macam-macam gaya.
       Dengan berdiskusi, siswa mampu menemukan informasi baru dalam teks.

E.      METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan          : Saintifik
·         Metode                :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·              Siswa membaca teks dan mengamatigambar pada buku siswa sebagaipembuka kegiatan pembelajaran.
·              Guru menunjuk beberapa siswa untukmenjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
·              Siswa menjawab pertanyaaan tersebutuntuk menstimulus rasa ingin tahu siswatentang topik yang akan dipelajari.
10 menit
Inti
·              Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
·              Siswa membuat daftar kata sulit dariteks bacaan, selanjutnya mencari artinyadari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalumenuliskan dalam buku catatannya.
Contoh:
-   Slogan artinya kalimat pendek yangmenarik dan mudah diingat.
-   Sensus penduduk adalah penghitunganjumlah penduduk dalam jangka waktutertentu oleh pemerintah.
-   Adat artinya aturan atau kebiasaan yangtelah dilakukan sejak dahulu.
-   Siswa berdiskusi kelompok untuk melengkapi tabel kata-kata sulit danartinya dari teks bacaan pada Buku Siswa. Hasil pekerjaan ini dapatdigunakan untuk bahan tanya jawab antarsiswa.
-   Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalambacaan.
·              Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompokmereka.
Hasil yang diharapkan:
-   Sikap cermat dan teliti siswa pada saat membaca teks bacaan.
-   Pengetahuan tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
-   Keterampilan siswa dalam menuliskan dan menceritakan informasibaru yang mereka temukan dari teks bacaan.
Catatan:
Kegiatan ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang KDBahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
·              Siswa mengamati gambar beberapa alattransportasi tradisional menggunakantenaga hewan dari berbagai daerah diIndonesia.
·              Siswa menceritakan alat transportasitradisional yang pernah ditemui, baik didaerahnya sendiri maupun dari daerahlain.
·              Siswa menjawab pertanyaan pada bukusiswa. Jawaban yang diharapkan adalah:saat kuda atau kerbau menarik bendiatau pedati, maka bendi atau pedati akanbergerak (berpindah tempat).
·              Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di sekitarnya.
·              Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan.
·              Catatan: Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat. Gaya jugadapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
·              Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat,lalu membacakannya di depan kelas.
·              Siswa mengamati gambar pada BukuSiswa, lalu menentukan macam gaya yangbekerja beserta pengaruhnya terhadapbenda.
Jawaban yang diharapkan adalah sebagaiberikut.
-   Mobil pada gambar dapat bergerakkarena didorong menggunakankekuatan otot.
-   Lampu dapat menyala karena ada aliranlistrik.
-   Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
-   Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
-   Lemari mudah digeser dengan bantuan keset/kain yang diletakkan dibawah lemari.
·              Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya otot.Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gayaotot terhadap benda.
·              Jawaban yang diharapkan:
·              Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baikmanusia atau hewan.
·              Pengaruh gaya otot terhadap benda: benda berpindah tempat atauberubah bentuk).
·              Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
·              Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasiinformasi
·              baru dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat danpenggunaan tanda baca yang benar.
Hasil yang diharapkan:
-   Sikap percaya diri siswa ketika melakukan percobaan gaya dan saatberdiskusi.
-   Pengetahuan dan keterampilan siswa dalam membuat kesimpulantentang pengertian gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
Catatan:
Kegiatan ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentangKD IPA (3.3 dan 4.3) dan KD bahasa indonesia (3.7 dan 4.7). Hasilkegiatan dapat digunakan sebagai data bagi guru dan siswa untukmelihat keberhasilan pembelajaran dan tidak harus masuk dalam bukunilai siswa .
30 Menit X  35 JP
Penutup
·              Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudahmereka lakukan sepanjang hari ini.
·              Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit

G.      MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR
Buku siswa, buku bacaan tentang suku bangsa di Indonesia, gambar-gambar yang berhubungan dengan gaya.

H.      Kegiatan PENILAIAN
·         Menuliskan kata sulit dan pokok pikiran dalam setiap paragraf teksbacaan.
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7

Aspek
4
3
2
1
Mengidentifikasi
pengertian katakata
sulit dalam
teks.
Mengidentifikasi
pengertian lebih
dari tiga kata sulit
dalam teks.
Mengidentifikasi
pengertian tiga
kata sulit dalam
teks.
Mengidentifikasi
pengertian dua
kata sulit dalam
teks.
Mengidentifikasi
pengertian satu
kata sulit dalam
teks.
Keterampilan
berbicara.
Pengucapan
kata-kata secara
keseluruhan
jelas, tidak
menggumam dan
dapat dimengerti.
Pengucapan katakata
di beberapa
bagian jelas dan
dapat dimengerti
Pengucapan katakata
tidak begitu
jelas tapi masih
dapat dipahami
maksudnya oleh
pendengar.
Pengucapan
kata-kata secara
keseluruhan
tidak jelas,
menggumam dan
tidak dapat dimengerti.
Keterampilan
menyusun pokok
pikiran dalam
setiap paragraf
dengan runtut
dan ejaan tepat.
Menyusun pokok
pikiran dalam
setiap paragraf
dengan runtut dan
ejaan tepat.
Menyusun pokok
pikiran dalam
setiap paragraf
dengan runtut
tetapi masih ada
ejaan tidak tepat.
Menyusun pokok
pikiran dalam
setiap paragraf
dengan ejaan
tepat tetapi tidak
runtut.
Menyusun pokok
pikiran dalam
setiap paragraf
tidak runtut dan
dengan ejaan
tidak tepat.

·         Melakukan pengamatan dan berdiskusi tentang macam-macam gaya danpengaruhnya terhadap benda.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3.
Aspek
4
3
2
1
Pengetahuan
tentang macammacam
gaya yang
bekerja pada
suatu benda.
Dapat
menentukan 5
macam gaya yang
bekerja pada
suatu benda.
Dapat
menentukan 3
atau 4 macam
gaya yang bekerja
pada suatu benda.
Dapat
menentukan 2
macam gaya yang
bekerja pada
suatu benda.
Dapat
menentukan 1
macam gaya yang
bekerja pada
suatu benda.
Keterampilan
berbicara saat
berdiskusi..
Pengucapan
kata-kata secara
keseluruhan
jelas, tidak
menggumam dan
dapat dimengerti
Pengucapan katakata
di beberapa
bagian jelas dan
dapat dimengerti.
Pengucapan katakata
tidak begitu
jelas tapi masih
dapat dipahami
maksudnya oleh
pendengar.
Pengucapan
kata-kata secara
keseluruhan
tidak jelas,
menggumam dan
tidak dapat dimengerti.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002

Harjowinangun Barat,................................
Guru Kelas IV




.............................................
NIP. ....................................


0 comments:

Post a Comment