RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MI Nurul Huda Harjowinangun Barat
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 2
Tema 7 : Indahnya Keragaman di Negeriku
Sub Tema 1 : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia..
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.7 Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.7 Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Indikator :
·
menuliskan
kata sulit dalam bacaan danmampu menjelaskan artinya dengan tepat.
·
menjelaskan
dan menuliskan pokokpikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar.
IPA
3.3 Mengidentifikasi
macammacam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3 Mendemonstrasikan
manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik,
gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
Indikator :
·
menjelaskan
pengertiangaya dengan tepat.
·
menjelaskanpengertian
gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah
mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampumenemukan informasi tentang
suku bangsa di Indonesia dengan benar.
2.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi barumengenai suku bangsa di
Indonesia dengan tepat.
3.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan danmampu menjelaskan
artinya dengan tepat.
4.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokokpikiran setiap paragraf
dalam bacaan dengan benar.
5.
Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertiangaya dengan tepat.
6.
Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskanpengertian gaya otot
dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
• Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan
informasi tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
• Dengan berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bentuk
tabel dan dapat memahami artinya.
• Dengan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan pokok pikiran dalam
setiap paragraf dalam teks bacaan.
• Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengaruh gaya
terhadap benda.
• Dengan mengamati gambar, siswa mampu menentukan macam-macam gaya.
• Dengan berdiskusi, siswa mampu menemukan informasi baru dalam teks.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa
membaca teks dan mengamatigambar pada buku siswa sebagaipembuka kegiatan
pembelajaran.
·
Guru
menunjuk beberapa siswa untukmenjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
·
Siswa
menjawab pertanyaaan tersebutuntuk menstimulus rasa ingin tahu siswatentang
topik yang akan dipelajari.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Siswa
membaca teks tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
·
Siswa
membuat daftar kata sulit dariteks bacaan, selanjutnya mencari artinyadari
Kamus Besar Bahasa Indonesia lalumenuliskan dalam buku catatannya.
Contoh:
-
Slogan
artinya kalimat pendek yangmenarik dan mudah diingat.
-
Sensus
penduduk adalah penghitunganjumlah penduduk dalam jangka waktutertentu oleh
pemerintah.
-
Adat
artinya aturan atau kebiasaan yangtelah dilakukan sejak dahulu.
-
Siswa
berdiskusi kelompok untuk melengkapi tabel kata-kata sulit danartinya dari
teks bacaan pada Buku Siswa. Hasil pekerjaan ini dapatdigunakan untuk bahan
tanya jawab antarsiswa.
-
Siswa
berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalambacaan.
·
Guru menunjuk
beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompokmereka.
Hasil
yang diharapkan:
-
Sikap
cermat dan teliti siswa pada saat membaca teks bacaan.
-
Pengetahuan
tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
-
Keterampilan
siswa dalam menuliskan dan menceritakan informasibaru yang mereka temukan
dari teks bacaan.
Catatan:
Kegiatan
ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang KDBahasa Indonesia (KD
3.7 dan 4.7)
·
Siswa
mengamati gambar beberapa alattransportasi tradisional menggunakantenaga
hewan dari berbagai daerah diIndonesia.
·
Siswa
menceritakan alat transportasitradisional yang pernah ditemui, baik
didaerahnya sendiri maupun dari daerahlain.
·
Siswa
menjawab pertanyaan pada bukusiswa. Jawaban yang diharapkan adalah:saat kuda
atau kerbau menarik bendiatau pedati, maka bendi atau pedati akanbergerak
(berpindah tempat).
·
Siswa
melakukan percobaan gaya pada benda-benda di sekitarnya.
·
Siswa
menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan.
·
Catatan:
Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat. Gaya jugadapat menyebabkan
perubahan bentuk benda.
·
Siswa
menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat,lalu
membacakannya di depan kelas.
·
Siswa
mengamati gambar pada BukuSiswa, lalu menentukan macam gaya yangbekerja
beserta pengaruhnya terhadapbenda.
Jawaban
yang diharapkan adalah sebagaiberikut.
-
Mobil
pada gambar dapat bergerakkarena didorong menggunakankekuatan otot.
-
Lampu
dapat menyala karena ada aliranlistrik.
-
Jarum
dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
-
Buah
jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
-
Lemari
mudah digeser dengan bantuan keset/kain yang diletakkan dibawah lemari.
·
Siswa
mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya otot.Selanjutnya siswa
menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gayaotot terhadap benda.
·
Jawaban
yang diharapkan:
·
Gaya
otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baikmanusia atau
hewan.
·
Pengaruh
gaya otot terhadap benda: benda berpindah tempat atauberubah bentuk).
·
Siswa
membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
·
Dengan
berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasiinformasi
·
baru
dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat danpenggunaan tanda baca
yang benar.
Hasil
yang diharapkan:
-
Sikap
percaya diri siswa ketika melakukan percobaan gaya dan saatberdiskusi.
-
Pengetahuan
dan keterampilan siswa dalam membuat kesimpulantentang pengertian gaya dan
pengaruhnya terhadap benda.
Catatan:
Kegiatan
ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentangKD IPA (3.3 dan 4.3)
dan KD bahasa indonesia (3.7 dan 4.7). Hasilkegiatan dapat digunakan
sebagai data bagi guru dan siswa untukmelihat keberhasilan pembelajaran dan
tidak harus masuk dalam bukunilai siswa .
|
30
Menit X 35 JP
|
Penutup
|
·
Sebagai
penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudahmereka lakukan
sepanjang hari ini.
·
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
15
menit
|
G. MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER
BELAJAR
Buku siswa, buku bacaan tentang suku
bangsa di Indonesia, gambar-gambar yang berhubungan dengan gaya.
H. Kegiatan PENILAIAN
·
Menuliskan
kata sulit dan pokok pikiran dalam setiap paragraf teksbacaan.
Bentuk
Penilaian: Nontes
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD
Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7
Aspek
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Mengidentifikasi
pengertian
katakata
sulit
dalam
teks.
|
Mengidentifikasi
pengertian
lebih
dari
tiga kata sulit
dalam
teks.
|
Mengidentifikasi
pengertian
tiga
kata
sulit dalam
teks.
|
Mengidentifikasi
pengertian
dua
kata
sulit dalam
teks.
|
Mengidentifikasi
pengertian
satu
kata
sulit dalam
teks.
|
Keterampilan
berbicara.
|
Pengucapan
kata-kata
secara
keseluruhan
jelas,
tidak
menggumam
dan
dapat
dimengerti.
|
Pengucapan
katakata
di
beberapa
bagian
jelas dan
dapat dimengerti
|
Pengucapan
katakata
tidak
begitu
jelas
tapi masih
dapat
dipahami
maksudnya
oleh
pendengar.
|
Pengucapan
kata-kata
secara
keseluruhan
tidak
jelas,
menggumam
dan
tidak dapat dimengerti.
|
Keterampilan
menyusun
pokok
pikiran
dalam
setiap
paragraf
dengan
runtut
dan
ejaan tepat.
|
Menyusun
pokok
pikiran
dalam
setiap
paragraf
dengan
runtut dan
ejaan tepat.
|
Menyusun
pokok
pikiran
dalam
setiap
paragraf
dengan
runtut
tetapi
masih ada
ejaan tidak tepat.
|
Menyusun
pokok
pikiran
dalam
setiap
paragraf
dengan
ejaan
tepat
tetapi tidak
runtut.
|
Menyusun
pokok
pikiran
dalam
setiap
paragraf
tidak
runtut dan
dengan
ejaan
tidak tepat.
|
·
Melakukan
pengamatan dan berdiskusi tentang macam-macam gaya danpengaruhnya terhadap
benda.
Bentuk
Penilaian: Kinerja
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD IPA
3.3 dan 4.3.
Aspek
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pengetahuan
tentang
macammacam
gaya
yang
bekerja
pada
suatu
benda.
|
Dapat
menentukan
5
macam
gaya yang
bekerja
pada
suatu
benda.
|
Dapat
menentukan
3
atau
4 macam
gaya
yang bekerja
pada
suatu benda.
|
Dapat
menentukan
2
macam
gaya yang
bekerja
pada
suatu
benda.
|
Dapat
menentukan
1
macam
gaya yang
bekerja
pada
suatu benda.
|
Keterampilan
berbicara
saat
berdiskusi..
|
Pengucapan
kata-kata
secara
keseluruhan
jelas,
tidak
menggumam
dan
dapat
dimengerti
|
Pengucapan
katakata
di
beberapa
bagian
jelas dan
dapat dimengerti.
|
Pengucapan
katakata
tidak
begitu
jelas
tapi masih
dapat
dipahami
maksudnya
oleh
pendengar.
|
Pengucapan
kata-kata
secara
keseluruhan
tidak
jelas,
menggumam
dan
tidak dapat dimengerti.
|
|
0 comments:
Post a Comment