Sunday, March 4, 2018

,

RPP Kurikulum 2013 Kls 1 Sem 2 Tema 8 Peristiwa Siang dan Malam

CONTOH MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   _____________________________________
Kelas / Semester          :   I (Satu) / 2
Tema 8                            :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                   :   Peristiwa Siang dan Malam
Pembelajaran                :   1
Alokasi Waktu               :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia..

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1.1       Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.1       Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1       Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Indikator :
·         menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar.
·         mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di depan kelas dengan benar.


Bahasa Indonesia
3.7       Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/ atau eksplorasi lingkungan.
4.7       Menyampaikan penjelasan dengan kosakataBahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
Indikator :.
·         menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
·         menuliskan kosakata tersebut dengan benar.

SBdP
3.2       Mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2       Menirukan elemen musik melalui lagu.
Indikator :
·         membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat.
·         menyanyikan lagu “Pemandangan” sesuai nada yang tepat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks dan menyanyi lagu “Matahari Terbenam”, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
2.    Dengan mencermati gambar tentang peristiwa malam hari, siswa dapat menuliskan kosakata tersebut dengan benar.
3.    Dengan berdiskusi siswa dapat menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar.
4.    Dengan percaya diri, siswa mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di depan kelas dengan benar.
5.    Dengan gembira, siswa dapat membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat.
6.    Dengan kegiatan menyanyi bersama, siswa dapat menyanyikan lagu “Pemandangan” sesuai nada yang tepat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
      Membaca teks tentang peristiwa siang dan malam hari
      Menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari
      Menyanyikan lagu “Matahari Terbenam”
      Menentukan kosakata yang berhubungan dengan peristiwa malam hari
      Menuliskan kosakata tentang peristiwa malam hari yang siswa temukan dalam teks
      Mengamati gambar sila kelima Pancasila
      Menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila
      Menyanyikan sebuah lagu “Pemandangan”
E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan     : Saintifik
·         Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·              Siswa membaca teks dan mengamatigambar pada buku siswa sebagaipembuka kegiatan pembelajaran.
·              Guru menunjuk beberapa siswa untukmenjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
·              Siswa menjawab pertanyaaan tersebutuntuk menstimulus rasa ingin tahu siswatentang topik yang akan dipelajari.
10 menit
Inti
·              Guru mengawali pembelajaran dengan bercerita tentang keadaan yang terjadi pada siang dan malam hari. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang peristiwa yang mereka alami, lihat, dan rasakan saat siang dan malam hari.
·              Guru bertanya jawab dengan siswa tentang siang dan malam hari.
-    “Bagaimana warna langit saat malam hari?”
-    “Apa yang terjadi dengan matahari saat malam hari?”
-    “Apa yang kita lakukan saat malam hari?”
Begitu seterusnya hingga siswa mendapat gambaran yang jelas tentang peristiwa malam hari.
·              Kemudian guru menyanyikan lagu “Matahari Terbenam” dengan ketukan dan birama yang tepat.
·              Siswa bernyanyi bersama dengan riang gembira.
·              Ulangi beberapa kali hingga siswa dapat menyanyikan lagu dengan nada yang benar.
·              Siswa diminta mencari kata-kata yang sesuai untuk peristiwa malam hari.
·              Caranya dengan mencermati bintangbintang kata di Buku Siswa. Minta siswa menggunting bintang-bintang kata yang menggambarkan peristiwa malam hari.
·              Guru mengawasi siswa saat menggunakan gunting untuk menggunting bintangbintang kata.
·              Siswa menempelkan bintang-bintang kata pada pohon bintang yang telah disediakan. Mintalah siswa menempelkan bintang-bintang kata sesuai dengan kreativitas mereka.
·              Guru mengawasi siswa saat memakai lem untuk menempelkan bintang-bintang kata.
·              Siswa diminta menuliskan kata-kata yang menggambarkan peristiwa alam sesuai gambar.
1.    Matahari Terbenam
2.    Bintang
3.    Bulan
4.    Cerah
5.    Langit
·              Jika siswa menuliskan kata-kata lain yang masih terlihat hubungannya dengan gambar dan peristiwa alam, guru pun dapat membenarkannya.
·              Setelah siswa menulis, guru meminta siswa untuk mengamati gambargambar yang ada di dinding depan kelas.
·              Guru menstimulus siswa dengan pertanyaan-pertanyaan
·         “Apa yang kalian lihat?”
·          “Ada foto siapakah di dinding depan kelas kita?”
·          “Lalu yang ini gambar apa?” Sambil menunjukkan gambar Pancasila lambang negara kita.
·              Guru menstimulus ingatan siswa tentang bunyi dari sila-sila Pancasila.
·         Mintalah siswa menyebutkan bunyi sila pertama.
·         Minta siswa yang lain menyebutkan bunyi sila kedua.
·         Minta juga siswa yang lain menyebutkan bunyi sila ketiga.
·         Siswa lainnya menyebutkan bunyi sila keempat.
·              Guru memberi apresiasi siswa-siswa yang masih ingat bunyi sila pertama hingga keempat Pancasila. Bunyi sila-sila tersebut telah mereka pelajari pada tema sebelumnya.
·              Guru menanyakan apakah ada siswa yang sudah tahu bunyi sila kelima?
·              Guru membimbing siswa melafalkan bunyi sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
·              Guru meminta siswa mengulanginya beberapa kali hingga mereka hafal.
·              Mintalah perwakilan beberapa siswa untuk mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila di depan kelas. Minta siswa mendeklamasikannya dengan suara keras dan intonasi yang tepat.
·              Guru meminta siswa untuk mengamati gambar lambang-lambang sila Pancasila.
·              Siswa dibagi menjadi lima kelompok untuk melakukan pengamatan.
·              Kemudian, tanyakan hasil pengamatan mereka dengan pertanyaan:
·         Gambar bintang melambangkan sila ke berapa?
·         Gambar apakah yang melambangkan sila kedua?
·         Sila ketiga dilambangkan dengan gambar?
·         Gambar kepala banteng melambangkan sila keberapa?
·         Sila kelima dilambangkan dengan gambar apa?
·              Mintalah siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah disediakan.
·              Perwakilan setiap kelompok diminta menyampaikan hasil diskusi mereka.
·              Jika masih ada kelompok yang jawabannya kurang tepat, mintalah kelompok lain untuk membantu memperbaikinya.
·              Setelah siswa hafal bunyi sila-sila Pancasila dan mengetahui lambing dari sila-sila tersebut, ajaklah siswa untuk memahami makna di balik simbol sila kelima Pancasila.
·         Kapas melambangkan kelembutan dan kebaikan hati. Hal ini menandakan bahwa kita harus bersikap baik pada sesama.
·         Padi melambangkan kemakmuran. Hal ini menandakan padi sebagai bahan pokok makanan rakyat Indonesia harus tercukupi dengan baik sehingga rakyat menjadi makmur.
·         Padi dan kapas akan menghias pemandangan sekitar kita dengan indah.
·              Ajaklah siswa untuk menyanyikan lagu “Pemandangan”.
·              Usai tampil menyanyi dengan bimbingan guru, siswa diharapkan mampu menyimpulkan seperti:
·         Ciri-ciri peristiwa siang dan malam dengan kosakata yang telah mereka pahami. Saat siang matahari bersinar terang sehingga segala sesuatu dapat terlihat dengan jelas. Salah satunya adalah gambar Pancasila yang ada di dinding kelas. Siswa menyebutkan bunyi dari sila-sila Pancasila beserta lambangnya.
30 Menit X  35 JP
Penutup
·              Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudahmereka lakukan sepanjang hari ini.
·              Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit

G.     MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR
      Buku Siswa
      Gambar peristiwa malam hari, matahari terbenam, langit gelap, bulan bersinar, bintang-bintang, dan lampu-lampu menyala.
      Teks Pancasila
      Teks dan tangga nada lagu “Matahari Terbenam”
      Teks dan tangga nada lagu “Pemandangan”

H.     Kegiatan PENILAIAN
Penilaian Sikap
·         Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi. (lihat pedoman penilaian sikap).

Penilaian Pengetahuan
·         Tes lisan tentang bunyi sila-sila Pancasila.
·         Tes kreativitas menunjukkan kosakata yang berhubungan dengan peristiwa siang dan malam hari melalui bintang-bintang kata.
·         Latihan soal melengkapi tabel simbol sila-sila Pancasila.

Penilaian Keterampilan
·         Rubrik menuliskan kosakata tentang peristiwa siang dan malam hari
Kriteria
Baik Sekali
(86 - 100)
Baik
(71 - 85)
Cukup
(61 - 71)
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
Kemampuan
menuliskan
kosakata-kosakata
terkait peristiwa
siang dan malam
hari sesuai gambar
yang diberikan
guru.
Siswa mampu
menuliskan 5
kosakata dengan
baik dan benar.
Siswa mampu
menuliskan
4 kosakata
dengan baik
dan benar.
Siswa hanya
mampu
menuliskan
3 kosakata
dengan baik dan
benar.
Siswa hanya
mampu
menuliskan
kurang dari 3.

·         Rubrik mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila
Kriteria
Baik Sekali
(86 - 100)
Baik
(71 - 85)
Cukup
(61 - 71)
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
Mendeklamasikan
bunyi sila kelima
Pancasila.
Dapat
mendeklamsikan
bunyi sila kelima
secara lengkap
dengan percaya
diri dan intonasi
yang tepat.
Dapat
mendeklamasikan
bunyi sila kelima secara lengkap dengan percaya
diri dan intonasi
kurang
tepat.
Dapat
mendeklamasikan
bunyi sila kelima secara lengkap, hanya saja belum
percaya diri dan
intonasi kurang
tepat.
. Belum mampu
mendeklamasikan
bunyi sila kelima
secara lengkap.

·         Rubrik menyanyi lagu Pemandangan dengan tinggi rendah nada
Kriteria
Baik Sekali
(86 - 100)
Baik
(71 - 85)
Cukup
(61 - 71)
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
Mempraktikkan
tinggi rendah bunyi
dalam sebuah lagu.
Dapat
Menyanyikan lagu Pemandangan
dengan lengkap
dan nada yang
tepat.
Dapat
Menyanyikan lagu
Pemandangan
Dengan lengkap, tetapi nada belum
tepat.
Hanya dapat
menyanyikan
lagu
Pemandangan
sebagian (belum
lengkap).
Belum dapat
menyanyikan lagu
Pemandangan.
Mengetahui
Kepala Sekolah,

( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV

( ___________________ )
NIP ..................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   _____________________________________
Kelas / Semester          :   I (Satu) / 2
Tema 8                            :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                   :   Peristiwa Siang dan Malam
Pembelajaran                :   2
Alokasi Waktu               :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.7       Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.7       Mempraktikkan berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
Indikator :
·         Mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
·         mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.

Bahasa Indonesia
3.7       Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/ atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.7       Menyampaikan penjelasan dengan kosakataBahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
Indikator :
·         Mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
·         menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat
·         menulis kalimat peristiwa siang hari dengan huruf tegak bersambung dengan benar

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
2.    Dengan arahan dari guru, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
3.    Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
4.    Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
5.    Dengan mencermati teks bacaan, siswa dapat menulis kalimat peristiwa siang hari dengan huruf tegak bersambung dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Membaca teks tentang tamasya ke pantai saat hari cerah
·         Melakukan aktivitas air saat hari cerah
·         Membaca cerita bergambar tentang Indahnya Suasana Pantai
·         Menuliskan kosakata tentang peristiwa siang hari dari gambar tentang aktivitas air
·         Menuliskan kalimat pujian tentang Indahnya Suasana Pantai dengan

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan     : Saintifik
·         Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·              Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
·              Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
·              Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkandengan pelajaran yang akan disampaikan.
·              Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatanbelajar.
10 menit
Inti
·              Guru memulai pelajaran dengan menanyakan apakah siswa sudah membawa pakaian ganti untuk mereka melakukan aktivitas air?
·              Apakah ada siswa yang membawa pakaian renang? Jika ada siswa yang tidak memiliki, mereka bisa memakai baju olahraga yang mereka miliki.
·              Guru mengajak siswa ke kolam renang. Bisa yang ada di sekolah, lokasi luar sekolah, atau pusat kota yang masih terjangkau jaraknya. Selain kolam renang, guru bisa juga mengajak siswa ke sungai yang dangkal atau pantai, sesuai potensi daerah masing-masing.
·              Siswa diajak untuk melakukan aktivitas air secara perlahan.
·              Guru mengajak siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan senam sederhana dengan menggerakkan kepala, tangan, dan pinggang.
·              Siswa mulai masuk ke kolam yang dangkal sebagai perkenalan.
·              Mulailah dengan berdiri di kolam dangkal terlebih dahulu hingga air membasahi lututnya.
·              Ajak siswa bermain siram-siraman air terlebih dahulu sehingga mereka semakin berani beraktivitas dengan air.
·              Kemudian mintalah siswa berdiri dengan posisi tangan direntangkan ke atas.
·              Guru juga mencontohkan gerakan berdiri dengan tangan direntangkan ke atas.
·              Siswa menirukan gerakan tersebut beberapa kali hingga mereka benar-benar berani.
·              Jika masih ada siswa yang belum berani, guru dapat membantu dengan memegang kedua tangan siswa dari arah depan. Siswa berdiri sambil dipegangi guru.
·              Lakukan berulang kali sambil dipegangi lalu cobalah untuk melepaskan pegangan.
·              Setelah kegiatan inti selesai lakukan kegiatan pendinginan dan mintalah siswa untuk mandi/berbilas kemudian mengganti pakaian dengan seragam sekolah.
·              Siswa kembali ke kelas/sekolah untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.
·              Setelah siswa siap, siswa diminta membaca teks Indahnya Suasana Pantai dengan nyaring.
·              Guru bertanya jawab tentang peristiwa alam, khususnya siang hari sesuai dengan teks. Guru dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut?
·      Kapan Dayu dan keluarga pergi tamasya?
·      Kemana keluarga Dayu bertamasya?
·      Apa yang mereka lihat di pantai?
·      Apa yang Dayu lakukan saat di pantai?
·      Bagaimana perasaan Dayu saat tamasya ke pantai?
·              Siswa diminta menulis kata-kata yang sesuai untuk peristiwa siang hari.
·              Tulislah kata-kata yang sesuai dengan gambar yang ada.
a.    angin
b.    tamasya
c.    matahari
d.    berenang
e.    pasir
f.     ombak
·              Kata-kata di dalam kotak pada buku siswa dapat membantu mengidentifikasi peristiwa siang hari yang sesuai dengan gambar.
·              Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
30 Menit X  35 JP
Penutup
·              Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudahmereka lakukan sepanjang hari ini.
·              Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit

G.     MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/SUMBER BELAJAR
·         Buku Siswa
·         Baju ganti untuk melakukan aktivitas air
·         Kolam renang/sungai/pantai

H.     kegiatan PENILAIAN
Penilaian Sikap
·         Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi. (lihat pedoman penilaian sikap).

Penilaian Pengetahuan
1.      Tes lisan tentang perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas air.
2.      Tes lisan tentang isi cerita yang ada pada teks bacaan.

Penilaian Keterampilan
·         Rubrik melakukan pengenalan aktivitas air
Keterampilan
Baik Sekali
(86 - 100)
Baik
(71 - 85)
Cukup
(61 - 71)
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
Mempraktikkan
pengenalan jenis
aktivitas air.
. Melakukan
gerakan berdiri
di air dengan
merentangkan
tangan ke atas.
Melakukan
gerakan berdiri
di air sambil
dipegangi
guru dengan
merentangkan
tangan ke atas.
Melakukan
kegiatan
berdiri sambil
dipegangi
guru tetapi
belum berani
merentangkan
tangan ke atas.
Belum berani
melakukan
aktivitas air.

·         Rubrik menuliskan kosakata terkait peristiwa siang/malam hari
Keterampilan
Baik Sekali
(86 - 100)
Baik
(71 - 85)
Cukup
(61 - 71)
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
Menuliskan
kosakata terkait
peristiwa siang/
malam hari dalam
kalimat.
Siswa mampu
menulis dengan
tepat sesuai
gambar tanpa
bantuan guru.
Siswa mampu
menulis
dengan tepat
sesuai gambar
dibantu oleh
guru.
Siswa belum
mampu menulis
dengan tepat.
Belum melakukan
kegiatan.

Mengetahui
Kepala Sekolah,

( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV

( ___________________ )
NIP ..................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :   _____________________________________
Kelas / Semester          :   I (Satu) / 2
Tema 8                            :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                   :   Peristiwa Siang dan Malam
Pembelajaran                :   3
Alokasi Waktu               :   1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia..

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.7       Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/ atau eksplorasi lingkungan.
4.7       Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
Indikator :
·         mengidentifikasi kosakata terkait peristiwa siang hari dengan tepat.

PPKn
1.1       Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.1       Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1       Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila..
Indikator :
·         menyebutkan hal-hal yangberkaitan dengan sila kelima baik simbol maupun bunyi, dengan benar.
·         menunjukkan gambar simbol sila kelima Pancasila dengan tepat.
·         menceritakan pengalamannya dalam mengamalkan sila kelima Pancasila dengan percaya diri

Matematika
3.9       Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret.
4.9       Mengurutkan benda/ kejadian/keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu.
Indikator :
·         mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
·         mengidentifikasi hasil persamaan dan perbedaan panjang benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar hasil pengukuran dengan benar.
·         menentukan urutan panjang benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mengidentifikasi kosakata terkait peristiwa siang hari dengan tepat.
2.    Setelah memperhatikan contoh, siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
3.    Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat mengidentifikasi hasil persamaan dan perbedaan panjang benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar hasil pengukuran dengan benar.
4.    Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat menentukan urutan panjang benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar.
5.    Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan sila kelima baik simbol maupun bunyi, dengan benar.
6.    Melalui kegiatan menyusun gambar, siswa mampu menunjukkan gambar simbol sila kelima Pancasila dengan tepat.
7.    Melalui kegiatan bercerita, siswa mampu menceritakan pengalamannya dalam mengamalkan sila kelima Pancasila dengan percaya diri.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Mencermati kalimat pada bacaan tentang peristiwa pada siang hari
·         Mengenal permainan yang dapat dilakukan pada siang hari
·         Mengukur panjang benda yang ditemukan di sekitar dengan alat ukur tidak baku
·         Berdiskusi untuk mengetahui simbol sila kelima Pancasila
·         Menyusun gambar simbol sila kelima Pancasila

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan     : Saintifik
·         Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·              Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
·              Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
·              Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkandengan pelajaran yang akan disampaikan.
·              Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatanbelajar.
10 menit
Inti
·              Guru bertanya jawab dengan siswa, apa yang biasa mereka lakukan jika pulang sekolah?
·              Siswa menjawab dengan jawaban yang beragam. Ada yang akan menjawab, “Makan siang.” “Tidur siang.” “Bermain bersama adik atau teman di luar rumah.” “Bermain bersama adik/teman di dalam rumah.” “Bermain sepeda bersama teman-teman.” dan sebagainya.
·              Guru membagi jawaban siswa menjadi kegiatan yang dilakukan di dalam dan luar rumah saat siang hari.
·              Siswa diminta mengamati gambar-gambar yang ada. Kemudian, mengidentifikasi mana kegiatan yang dapat dilakukan di dalam atau luar rumah.
·              Mintalah siswa menandai gambar dengan ( ) aktivitas yang dilakukan di luar rumah dan ( ) untuk aktivitas yang dilakukan di dalam rumah.
·              Setelah siswa mengidentifikasi gambar, guru mengajak siswa untuk mengukur panjang benda yang ada di sekitar mereka.
·              Guru mencontohkan mengukur tongkat pramuka yang ada di kelas dengan jengkal tangan. Guru dan siswa mengukur bersama-sama. Lalu tuliskan berapa panjang tongkat pramuka, misalnya: 7 jengkal bu guru. Atau jika jengkal siswa yang digunakan, hasilnya dapat ditulis: 9 jengkal Udin.
·              Kemudian guru mengajak siswa untuk mengukur panjang tepi meja siswa menggunakan pensil.
·              Guru dan siswa menyebutkan ukuran panjang tepi meja menggunakan pensil dan menuliskan hasilnya, misalkan 10 pensil.
·              Kemudian siswa diminta mengukur bendabenda yang mereka miliki (pulpen, pensil, atau tepi buku) menggunakan paper clip/ klip kertas.
·              Siswa diminta membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda. Lalu urutkan hasil pengukurannya dengan istilah “kurang dari”, “lebih dari”, dan “sama dengan”.
·              Guru menjelaskan bahwa kita dapat mengukur panjang benda dengan satuan tidak baku. Banyak alat ukur tidak baku yang dapat kita gunakan untuk mengukur panjang benda, di antaranya: jengkal, depa, pensil, batang lidi, batang korek api, paku ulir, pulpen, dan lain-lain.
·              Guru membimbing siswa untuk mengerjakan latihan soal di buku tulis tentang pengukuran panjang benda dengan satuan tidak baku.
·              Mintalah siswa untuk mencermati gambar dengan baik. Ukurlah panjang benda sesuai petunjuk pada gambar.
·              Jangan lupa untuk selalu menuliskan satuan panjang berdasarkan alat ukur yang mereka gunakan.
·              Guru memberikan konsep tentang mengukur panjang dengan menggunakan satuan tidak baku.
·              Kegiatan dilanjutkan dengan mengurutkan hasil pengukuran panjang pada buku siswa.
·              Mintalah siswa mengurutkan hasil pengukuran panjang menggunakan jengkal.
·              Siswa mengurutkan sesuai hasilnya dari yang paling panjang hingga yang paling pendek.
·              Guru mengingatkan siswa untuk selalu menuliskan hasil pengukuran dengan benar. Jangan lupa untuk selalu menuliskan satuan yang digunakan untuk mengukur panjang.
·              Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi. Siswa berkumpul bersama kelompoknya untuk menyebutkan bunyi sila-sila Pancasila.
·              Kemudian, siswa mengingat lambang dari sila-sila Pancasila tersebut.
·              Siswa yang masih mengingat dengan baik dapat membantu temanteman yang membutuhkan bantuan.
·              Kegiatan dilanjutkan dengan menyusun gambar acak yang menjadi simbol sila kelima Pancasila.
·              Mintalah siswa bekerja bersama kelompoknya untuk menyusun gambar dengan tepat.
·              Kemudian siswa mendiskusikan salah satu sikap yang sesuai dengan sila kelima Pancasila, yaitu berbuat adil kepada sesama.
·              Siswa menceritakan pengalamannya dalam berbuat adil pada sesama.
·              Sebagai akhir dari kegiatan, guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan hari ini.
30 Menit X  35 JP
Penutup
·              Sebagai akhir dari kegiatan guru meminta siswa melakukan refleksiseluruh kegiatan yang sudah dilakukan selama seharian.
·              Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit

G.     MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/SUMBER BELAJAR
·         Buku Siswa
·         Alat ukur tidak baku: batang lidi, batang korek api, tongkat kayu, dan sebagainya.
·         Gambar simbol sila-sila Pancasila
·         Pensil warna/krayon.

H.     kegiatanPENILAIAN
Penilaian Sikap
·         Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi. (lihat pedoman penilaian sikap).

Penilaian Pengetahuan
·         Tes lisan kegiatan yang dilakukan siang hari baik di dalam maupun luar rumah.
·         Tes lisan tentang bunyi dan simbol sila kelima Pancasila.
·         Soal di buku siswa

Penilaian Keterampilan
·         Menentukan ururtan panjang benda
Kriteria
Baik Sekali
(86 - 100)
Baik
(71 - 85)
Cukup
(61 - 71)
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
Menentukan
urutan panjang
benda berdasarkan
hasil pengukuran
menggunakan alat
ukur tidak baku
berupa benda/
situasi konkret.
Siswa mampu
mengurutkan
hasil pengukuran
panjang dengan
tepat secara
mandiri.
Siswa mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
panjang
dengan tepat
dibantu oleh
guru.
Siswa belum
mampu
mengurutkan
panjang benda
dengan tepat.
Belum mampu
mengukur panjang
benda.
·         Rubrik menyusun gambar symbol sila keima
Kriteria
Baik Sekali
(86 - 100)
Baik
(71 - 85)
Cukup
(61 - 71)
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
Menunjukkan
simbol sila kelima
Pancasila.
Siswa mampu
menyusun
gambar simbol
sila kelima
Pancasila dengan
tepat dan tanpa
bantuan guru.
Siswa
menyusun
gambar simbol
sila kelima
Pancasila
dengan tepat
dibantu guru.
Siswa belum
tepat menyusun
gambar simbol
sila kelima
Pancasila.
Belum mampu
mengenal simbolsimbol
Pancasila.


Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV
( ___________________ )
NIP ..................................

0 comments:

Post a Comment