CONTOH
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _____________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Peristiwa Siang dan Malam
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia..
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan
percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila
pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Indikator :
·
menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar.
·
mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di depan kelas dengan benar.
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan
peristiwa siang dan malam melalui teks pendek
(gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/ atau eksplorasi
lingkungan.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan
kosakataBahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa
daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam
teks tulis dan gambar.
Indikator :.
·
menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
·
menuliskan kosakata tersebut dengan benar.
SBdP
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
Indikator :
·
membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat.
·
menyanyikan lagu “Pemandangan” sesuai nada yang tepat.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks dan menyanyi lagu “Matahari Terbenam”, siswa dapat
menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
2.
Dengan mencermati gambar tentang peristiwa malam hari, siswa dapat menuliskan
kosakata tersebut dengan benar.
3.
Dengan berdiskusi siswa dapat menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila
dengan benar.
4.
Dengan percaya diri, siswa mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di
depan kelas dengan benar.
5.
Dengan gembira, siswa dapat membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu
“Pemandangan” dengan tepat.
6.
Dengan kegiatan menyanyi bersama, siswa dapat menyanyikan lagu “Pemandangan”
sesuai nada yang tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
• Membaca teks tentang peristiwa siang dan
malam hari
• Menunjukkan kosakata tentang peristiwa
malam hari
• Menyanyikan lagu “Matahari Terbenam”
• Menentukan kosakata yang berhubungan
dengan peristiwa malam hari
• Menuliskan kosakata tentang peristiwa
malam hari yang siswa temukan dalam teks
• Mengamati gambar sila kelima Pancasila
• Menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila
• Menyanyikan sebuah lagu “Pemandangan”
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa membaca teks dan mengamatigambar pada buku siswa sebagaipembuka
kegiatan pembelajaran.
·
Guru menunjuk beberapa siswa untukmenjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
·
Siswa menjawab pertanyaaan tersebutuntuk menstimulus rasa ingin tahu
siswatentang topik yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengawali pembelajaran dengan bercerita tentang keadaan yang terjadi
pada siang dan malam hari. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang peristiwa
yang mereka alami, lihat, dan rasakan saat siang dan malam hari.
·
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang siang dan malam hari.
-
“Bagaimana warna langit saat malam hari?”
-
“Apa yang terjadi dengan matahari
saat malam hari?”
-
“Apa yang kita lakukan saat malam
hari?”
Begitu seterusnya hingga siswa mendapat gambaran yang jelas
tentang peristiwa malam hari.
·
Kemudian guru menyanyikan lagu “Matahari Terbenam” dengan ketukan dan
birama yang tepat.
·
Siswa bernyanyi bersama dengan riang gembira.
·
Ulangi beberapa kali hingga siswa dapat menyanyikan lagu dengan nada yang
benar.
·
Siswa diminta mencari kata-kata yang sesuai untuk peristiwa malam hari.
·
Caranya dengan mencermati bintangbintang kata di Buku Siswa. Minta siswa menggunting
bintang-bintang kata yang menggambarkan peristiwa malam hari.
·
Guru mengawasi siswa saat menggunakan gunting untuk menggunting
bintangbintang kata.
·
Siswa menempelkan bintang-bintang kata pada pohon bintang yang telah
disediakan. Mintalah siswa menempelkan bintang-bintang kata sesuai dengan
kreativitas mereka.
·
Guru mengawasi siswa saat memakai lem untuk menempelkan bintang-bintang kata.
·
Siswa diminta menuliskan kata-kata yang menggambarkan peristiwa alam
sesuai gambar.
1. Matahari Terbenam
2. Bintang
3. Bulan
4. Cerah
5. Langit
·
Jika siswa menuliskan kata-kata lain yang masih terlihat hubungannya dengan
gambar dan peristiwa alam, guru pun dapat membenarkannya.
·
Setelah siswa menulis, guru meminta siswa untuk mengamati gambargambar yang
ada di dinding depan kelas.
·
Guru menstimulus siswa dengan pertanyaan-pertanyaan
·
“Apa yang kalian lihat?”
·
“Ada foto siapakah di dinding
depan kelas kita?”
·
“Lalu yang ini gambar apa?” Sambil
menunjukkan gambar Pancasila lambang negara kita.
·
Guru menstimulus ingatan siswa tentang bunyi dari sila-sila Pancasila.
·
Mintalah siswa menyebutkan bunyi sila pertama.
·
Minta siswa yang lain menyebutkan bunyi sila kedua.
·
Minta juga siswa yang lain menyebutkan bunyi sila ketiga.
·
Siswa lainnya menyebutkan bunyi sila keempat.
·
Guru memberi apresiasi siswa-siswa yang masih ingat bunyi sila pertama hingga
keempat Pancasila. Bunyi sila-sila tersebut telah mereka pelajari pada tema
sebelumnya.
·
Guru menanyakan apakah ada siswa yang sudah tahu bunyi sila kelima?
·
Guru membimbing siswa melafalkan bunyi sila kelima, Keadilan Sosial bagi
Seluruh Rakyat Indonesia.
·
Guru meminta siswa mengulanginya beberapa kali hingga mereka hafal.
·
Mintalah perwakilan beberapa siswa untuk mendeklamasikan bunyi sila
kelima Pancasila di depan kelas. Minta siswa mendeklamasikannya dengan suara
keras dan intonasi yang tepat.
·
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar lambang-lambang sila Pancasila.
·
Siswa dibagi menjadi lima kelompok untuk melakukan pengamatan.
·
Kemudian, tanyakan hasil pengamatan mereka dengan pertanyaan:
·
Gambar bintang melambangkan sila ke berapa?
·
Gambar apakah yang melambangkan sila kedua?
·
Sila ketiga dilambangkan dengan gambar?
·
Gambar kepala banteng melambangkan sila keberapa?
·
Sila kelima dilambangkan dengan gambar apa?
·
Mintalah siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah disediakan.
·
Perwakilan setiap kelompok diminta menyampaikan hasil diskusi mereka.
·
Jika masih ada kelompok yang jawabannya kurang tepat, mintalah kelompok
lain untuk membantu memperbaikinya.
·
Setelah siswa hafal bunyi sila-sila Pancasila dan mengetahui lambing dari
sila-sila tersebut, ajaklah siswa untuk memahami makna di balik simbol sila
kelima Pancasila.
·
Kapas melambangkan kelembutan dan kebaikan hati. Hal ini menandakan bahwa
kita harus bersikap baik pada sesama.
·
Padi melambangkan kemakmuran. Hal ini menandakan padi sebagai bahan pokok
makanan rakyat Indonesia harus tercukupi dengan baik sehingga rakyat menjadi
makmur.
·
Padi dan kapas akan menghias pemandangan sekitar kita dengan indah.
·
Ajaklah siswa untuk menyanyikan lagu “Pemandangan”.
·
Usai tampil menyanyi dengan bimbingan guru, siswa diharapkan mampu menyimpulkan
seperti:
·
Ciri-ciri peristiwa siang dan malam dengan kosakata yang telah mereka
pahami. Saat siang matahari bersinar terang sehingga segala sesuatu dapat
terlihat dengan jelas. Salah satunya adalah gambar Pancasila yang ada di
dinding kelas. Siswa menyebutkan bunyi dari sila-sila Pancasila beserta lambangnya.
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
·
Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang
sudahmereka lakukan sepanjang hari ini.
·
Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
15 menit
|
G. MEDIA/ALAT
BANTU DAN SUMBER BELAJAR
•
Buku Siswa
•
Gambar peristiwa malam hari, matahari terbenam, langit gelap, bulan bersinar,
bintang-bintang, dan lampu-lampu menyala.
•
Teks Pancasila
•
Teks dan tangga nada lagu “Matahari Terbenam”
•
Teks dan tangga nada lagu “Pemandangan”
H. Kegiatan
PENILAIAN
Penilaian Sikap
·
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar
observasi. (lihat pedoman penilaian sikap).
Penilaian Pengetahuan
·
Tes lisan tentang bunyi sila-sila Pancasila.
·
Tes kreativitas menunjukkan kosakata yang berhubungan dengan peristiwa siang
dan malam hari melalui bintang-bintang kata.
·
Latihan soal melengkapi tabel simbol sila-sila Pancasila.
Penilaian Keterampilan
·
Rubrik menuliskan kosakata tentang peristiwa siang dan malam hari
Kriteria
|
Baik Sekali
(86 - 100)
|
Baik
(71 - 85)
|
Cukup
(61 - 71)
|
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
|
Kemampuan
menuliskan
kosakata-kosakata
terkait peristiwa
siang dan malam
hari sesuai gambar
yang diberikan
guru.
|
Siswa mampu
menuliskan 5
kosakata dengan
baik dan benar.
|
Siswa mampu
menuliskan
4 kosakata
dengan baik
dan benar.
|
Siswa hanya
mampu
menuliskan
3 kosakata
dengan baik dan
benar.
|
Siswa hanya
mampu
menuliskan
kurang dari 3.
|
·
Rubrik mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila
Kriteria
|
Baik Sekali
(86 - 100)
|
Baik
(71 - 85)
|
Cukup
(61 - 71)
|
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
|
Mendeklamasikan
bunyi sila kelima
Pancasila.
|
Dapat
mendeklamsikan
bunyi sila kelima
secara lengkap
dengan percaya
diri dan intonasi
yang tepat.
|
Dapat
mendeklamasikan
bunyi sila kelima secara lengkap dengan percaya
diri dan intonasi
kurang
tepat.
|
Dapat
mendeklamasikan
bunyi sila kelima secara lengkap, hanya saja belum
percaya diri dan
intonasi kurang
tepat.
|
. Belum mampu
mendeklamasikan
bunyi sila kelima
secara lengkap.
|
·
Rubrik menyanyi lagu Pemandangan dengan tinggi rendah nada
Kriteria
|
Baik Sekali
(86 - 100)
|
Baik
(71 - 85)
|
Cukup
(61 - 71)
|
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
|
Mempraktikkan
tinggi rendah bunyi
dalam sebuah lagu.
|
Dapat
Menyanyikan lagu Pemandangan
dengan lengkap
dan nada yang
tepat.
|
Dapat
Menyanyikan lagu
Pemandangan
Dengan lengkap, tetapi nada belum
tepat.
|
Hanya dapat
menyanyikan
lagu
Pemandangan
sebagian (belum
lengkap).
|
Belum dapat
menyanyikan lagu
Pemandangan.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Guru Kelas IV
( ___________________ )
NIP ..................................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _____________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Peristiwa Siang dan Malam
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan
menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain
dalam aktivitas air.
Indikator :
·
Mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
·
mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan
dengan peristiwa siang dan malam melalui teks
pendek (gambar, tulisan, dan/ atau syair lagu)
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan
kosakataBahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa
daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam
teks tulis dan gambar.
Indikator :
·
Mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan
dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
·
menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan
tepat
·
menulis kalimat peristiwa siang hari dengan huruf tegak bersambung dengan
benar
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu mengenal berbagai
jenis aktivitas air dengan tepat.
2.
Dengan arahan dari guru, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas
air dengan baik.
3.
Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang
di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari
dengan benar.
4.
Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang
terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
5.
Dengan mencermati teks bacaan, siswa dapat menulis kalimat peristiwa siang
hari dengan huruf tegak bersambung dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Membaca
teks tentang tamasya ke pantai saat hari cerah
·
Melakukan
aktivitas air saat hari cerah
·
Membaca
cerita bergambar tentang Indahnya Suasana Pantai
·
Menuliskan
kosakata tentang peristiwa siang hari dari gambar tentang
aktivitas air
·
Menuliskan
kalimat pujian tentang Indahnya Suasana Pantai dengan
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
·
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
·
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkandengan
pelajaran yang akan disampaikan.
·
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatanbelajar.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memulai pelajaran dengan menanyakan apakah siswa sudah membawa
pakaian ganti untuk mereka melakukan aktivitas air?
·
Apakah ada siswa yang membawa pakaian renang? Jika ada siswa yang tidak
memiliki, mereka bisa memakai baju olahraga yang mereka miliki.
·
Guru mengajak siswa ke kolam renang. Bisa yang ada di sekolah, lokasi luar
sekolah, atau pusat kota yang masih terjangkau jaraknya. Selain kolam renang,
guru bisa juga mengajak siswa ke sungai yang dangkal atau pantai, sesuai
potensi daerah masing-masing.
·
Siswa diajak untuk melakukan aktivitas air secara perlahan.
·
Guru mengajak siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan senam
sederhana dengan menggerakkan kepala, tangan, dan pinggang.
·
Siswa mulai masuk ke kolam yang dangkal sebagai perkenalan.
·
Mulailah dengan berdiri di kolam dangkal terlebih dahulu hingga air
membasahi lututnya.
·
Ajak siswa bermain siram-siraman air terlebih dahulu sehingga mereka
semakin berani beraktivitas dengan air.
·
Kemudian mintalah siswa berdiri dengan posisi tangan direntangkan ke
atas.
·
Guru juga mencontohkan gerakan berdiri dengan tangan direntangkan ke
atas.
·
Siswa menirukan gerakan tersebut beberapa kali hingga mereka benar-benar berani.
·
Jika masih ada siswa yang belum berani, guru dapat membantu dengan memegang
kedua tangan siswa dari arah depan. Siswa berdiri sambil dipegangi guru.
·
Lakukan berulang kali sambil dipegangi lalu cobalah untuk melepaskan pegangan.
·
Setelah kegiatan inti selesai lakukan kegiatan pendinginan dan mintalah
siswa untuk mandi/berbilas kemudian mengganti pakaian dengan seragam sekolah.
·
Siswa kembali ke kelas/sekolah untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.
·
Setelah siswa siap, siswa diminta membaca teks Indahnya Suasana Pantai dengan
nyaring.
·
Guru bertanya jawab tentang peristiwa alam, khususnya siang hari sesuai dengan
teks. Guru dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut?
·
Kapan Dayu dan keluarga pergi tamasya?
·
Kemana keluarga Dayu bertamasya?
·
Apa yang mereka lihat di pantai?
·
Apa yang Dayu lakukan saat di pantai?
·
Bagaimana perasaan Dayu saat tamasya ke pantai?
·
Siswa diminta menulis kata-kata yang sesuai untuk peristiwa siang hari.
·
Tulislah kata-kata yang sesuai dengan gambar yang ada.
a. angin
b. tamasya
c. matahari
d. berenang
e. pasir
f. ombak
·
Kata-kata di dalam kotak pada buku siswa dapat membantu mengidentifikasi
peristiwa siang hari yang sesuai dengan gambar.
·
Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka
lakukan sepanjang hari ini.
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
·
Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang
sudahmereka lakukan sepanjang hari ini.
·
Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
15 menit
|
G. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/SUMBER BELAJAR
·
Buku
Siswa
·
Baju
ganti untuk melakukan aktivitas air
·
Kolam
renang/sungai/pantai
H. kegiatan
PENILAIAN
Penilaian Sikap
·
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar
observasi. (lihat pedoman penilaian sikap).
Penilaian Pengetahuan
1.
Tes lisan tentang perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas
air.
2.
Tes lisan tentang isi cerita yang ada pada teks bacaan.
Penilaian Keterampilan
·
Rubrik melakukan pengenalan aktivitas air
Keterampilan
|
Baik Sekali
(86 - 100)
|
Baik
(71 - 85)
|
Cukup
(61 - 71)
|
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
|
Mempraktikkan
pengenalan jenis
aktivitas air.
|
. Melakukan
gerakan berdiri
di air dengan
merentangkan
tangan ke atas.
|
Melakukan
gerakan berdiri
di air sambil
dipegangi
guru dengan
merentangkan
tangan ke atas.
|
Melakukan
kegiatan
berdiri sambil
dipegangi
guru tetapi
belum berani
merentangkan
tangan ke atas.
|
Belum berani
melakukan
aktivitas air.
|
·
Rubrik menuliskan kosakata terkait peristiwa siang/malam hari
Keterampilan
|
Baik Sekali
(86 - 100)
|
Baik
(71 - 85)
|
Cukup
(61 - 71)
|
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
|
Menuliskan
kosakata terkait
peristiwa siang/
malam hari dalam
kalimat.
|
Siswa mampu
menulis dengan
tepat sesuai
gambar tanpa
bantuan guru.
|
Siswa mampu
menulis
dengan tepat
sesuai gambar
dibantu oleh
guru.
|
Siswa belum
mampu menulis
dengan tepat.
|
Belum melakukan
kegiatan.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Guru Kelas IV
( ___________________ )
NIP ..................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _____________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Peristiwa Siang dan Malam
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia..
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan
peristiwa siang dan malam melalui teks pendek
(gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/ atau eksplorasi
lingkungan.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata
Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa
daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam
teks tulis dan gambar.
Indikator :
·
mengidentifikasi kosakata terkait peristiwa siang hari dengan tepat.
PPKn
1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”.
2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan
percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan
sehari-hari.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila
pada Lambang Garuda sila Pancasila..
Indikator :
·
menyebutkan hal-hal yangberkaitan dengan sila kelima baik simbol maupun
bunyi, dengan benar.
·
menunjukkan gambar simbol sila kelima Pancasila dengan tepat.
·
menceritakan pengalamannya dalam mengamalkan sila kelima Pancasila dengan
percaya diri
Matematika
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu,
dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret.
4.9 Mengurutkan benda/ kejadian/keadaan berdasarkan
panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu.
Indikator :
·
mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
·
mengidentifikasi hasil persamaan dan perbedaan panjang benda dengan
menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar hasil pengukuran dengan benar.
·
menentukan urutan panjang benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan
alat ukur tidak baku dengan benar.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mengidentifikasi kosakata terkait
peristiwa siang hari dengan tepat.
2.
Setelah memperhatikan contoh, siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan
satuan tidak baku dengan benar.
3.
Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat mengidentifikasi hasil persamaan
dan perbedaan panjang benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku dengan
benar hasil pengukuran dengan benar.
4.
Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat menentukan urutan panjang
benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan
benar.
5.
Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menyebutkan hal-hal yang berkaitan
dengan sila kelima baik simbol maupun bunyi, dengan benar.
6.
Melalui kegiatan menyusun gambar, siswa mampu menunjukkan gambar simbol sila
kelima Pancasila dengan tepat.
7.
Melalui kegiatan bercerita, siswa mampu menceritakan pengalamannya dalam
mengamalkan sila kelima Pancasila dengan percaya diri.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Mencermati
kalimat pada bacaan tentang peristiwa pada siang hari
·
Mengenal
permainan yang dapat dilakukan pada siang hari
·
Mengukur
panjang benda yang ditemukan di sekitar dengan alat ukur tidak
baku
·
Berdiskusi
untuk mengetahui simbol sila kelima Pancasila
·
Menyusun
gambar simbol sila kelima Pancasila
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
·
Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
·
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkandengan
pelajaran yang akan disampaikan.
·
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatanbelajar.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru bertanya jawab dengan siswa, apa yang biasa mereka lakukan jika pulang
sekolah?
·
Siswa menjawab dengan jawaban yang beragam. Ada yang akan menjawab,
“Makan siang.” “Tidur siang.” “Bermain bersama adik atau teman di luar
rumah.” “Bermain bersama adik/teman di dalam rumah.” “Bermain sepeda bersama
teman-teman.” dan sebagainya.
·
Guru membagi jawaban siswa menjadi kegiatan yang dilakukan di dalam dan
luar rumah saat siang hari.
·
Siswa diminta mengamati gambar-gambar yang ada. Kemudian, mengidentifikasi
mana kegiatan yang dapat dilakukan di dalam atau luar rumah.
·
Mintalah siswa menandai gambar dengan ( ) aktivitas yang dilakukan di luar
rumah dan ( ) untuk aktivitas yang dilakukan di dalam rumah.
·
Setelah siswa mengidentifikasi gambar, guru mengajak siswa untuk mengukur
panjang benda yang ada di sekitar mereka.
·
Guru mencontohkan mengukur tongkat pramuka yang ada di kelas dengan
jengkal tangan. Guru dan siswa mengukur bersama-sama. Lalu tuliskan berapa
panjang tongkat pramuka, misalnya: 7 jengkal bu guru. Atau jika jengkal siswa
yang digunakan, hasilnya dapat ditulis: 9 jengkal Udin.
·
Kemudian guru mengajak siswa untuk mengukur panjang tepi meja siswa menggunakan
pensil.
·
Guru dan siswa menyebutkan ukuran panjang tepi meja menggunakan pensil
dan menuliskan hasilnya, misalkan 10 pensil.
·
Kemudian siswa diminta mengukur bendabenda yang mereka miliki (pulpen,
pensil, atau tepi buku) menggunakan paper clip/ klip kertas.
·
Siswa diminta membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda. Lalu urutkan
hasil pengukurannya dengan istilah “kurang dari”, “lebih dari”, dan “sama
dengan”.
·
Guru menjelaskan bahwa kita dapat mengukur panjang benda dengan satuan
tidak baku. Banyak alat ukur tidak baku yang dapat kita gunakan untuk
mengukur panjang benda, di antaranya: jengkal, depa, pensil, batang lidi, batang
korek api, paku ulir, pulpen, dan lain-lain.
·
Guru membimbing siswa untuk mengerjakan latihan soal di buku tulis tentang
pengukuran panjang benda dengan satuan tidak baku.
·
Mintalah siswa untuk mencermati gambar dengan baik. Ukurlah panjang benda
sesuai petunjuk pada gambar.
·
Jangan lupa untuk selalu menuliskan satuan panjang berdasarkan alat ukur
yang mereka gunakan.
·
Guru memberikan konsep tentang mengukur panjang dengan menggunakan satuan
tidak baku.
·
Kegiatan dilanjutkan dengan mengurutkan hasil pengukuran panjang pada
buku siswa.
·
Mintalah siswa mengurutkan hasil pengukuran panjang menggunakan jengkal.
·
Siswa mengurutkan sesuai hasilnya dari yang paling panjang hingga yang paling
pendek.
·
Guru mengingatkan siswa untuk selalu menuliskan hasil pengukuran dengan
benar. Jangan lupa untuk selalu menuliskan satuan yang digunakan untuk
mengukur panjang.
·
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi. Siswa berkumpul bersama kelompoknya
untuk menyebutkan bunyi sila-sila Pancasila.
·
Kemudian, siswa mengingat lambang dari sila-sila Pancasila tersebut.
·
Siswa yang masih mengingat dengan baik dapat membantu temanteman yang
membutuhkan bantuan.
·
Kegiatan dilanjutkan dengan menyusun gambar acak yang menjadi simbol sila
kelima Pancasila.
·
Mintalah siswa bekerja bersama kelompoknya untuk menyusun gambar dengan
tepat.
·
Kemudian siswa mendiskusikan salah satu sikap yang sesuai dengan sila kelima
Pancasila, yaitu berbuat adil kepada sesama.
·
Siswa menceritakan pengalamannya dalam berbuat adil pada sesama.
·
Sebagai akhir dari kegiatan, guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh
kegiatan yang sudah dilakukan hari ini.
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
·
Sebagai akhir dari kegiatan guru meminta siswa melakukan refleksiseluruh
kegiatan yang sudah dilakukan selama seharian.
·
Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
15 menit
|
G. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/SUMBER BELAJAR
·
Buku Siswa
·
Alat ukur tidak baku: batang lidi, batang korek api, tongkat kayu, dan sebagainya.
·
Gambar simbol sila-sila Pancasila
·
Pensil warna/krayon.
H. kegiatanPENILAIAN
Penilaian Sikap
·
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar
observasi. (lihat pedoman penilaian sikap).
Penilaian Pengetahuan
·
Tes lisan kegiatan yang dilakukan siang hari baik di dalam maupun luar rumah.
·
Tes lisan tentang bunyi dan simbol sila kelima Pancasila.
·
Soal di buku siswa
Penilaian Keterampilan
·
Menentukan ururtan panjang benda
Kriteria
|
Baik Sekali
(86 - 100)
|
Baik
(71 - 85)
|
Cukup
(61 - 71)
|
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
|
Menentukan
urutan panjang
benda berdasarkan
hasil pengukuran
menggunakan alat
ukur tidak baku
berupa benda/
situasi konkret.
|
Siswa mampu
mengurutkan
hasil pengukuran
panjang dengan
tepat secara
mandiri.
|
Siswa mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
panjang
dengan tepat
dibantu oleh
guru.
|
Siswa belum
mampu
mengurutkan
panjang benda
dengan tepat.
|
Belum mampu
mengukur panjang
benda.
|
·
Rubrik menyusun gambar symbol sila keima
Kriteria
|
Baik Sekali
(86 - 100)
|
Baik
(71 - 85)
|
Cukup
(61 - 71)
|
Perlu Pendampingan
(≤ 60)
|
Menunjukkan
simbol sila kelima
Pancasila.
|
Siswa mampu
menyusun
gambar simbol
sila kelima
Pancasila dengan
tepat dan tanpa
bantuan guru.
|
Siswa
menyusun
gambar simbol
sila kelima
Pancasila
dengan tepat
dibantu guru.
|
Siswa belum
tepat menyusun
gambar simbol
sila kelima
Pancasila.
|
Belum mampu
mengenal simbolsimbol
Pancasila.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Guru Kelas IV
( ___________________ )
NIP ..................................
|
0 comments:
Post a Comment