Sunday, March 4, 2018

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 2 Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   __________________________________
Kelas / Semester          :   I (Satu) / 2
Tema 7                            :   Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1                   :   Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Pembelajaran                :   1
Alokasi Waktu               :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
                     dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
          KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
          KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak            beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.6    Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
4.6    Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana.

Indikator :
§    membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
§    mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
§    menunjukan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
§    menunjukkan kosakata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
§    menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
§    menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila
2.1    Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.1    Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1    Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila

Indikator :
§    Mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
§    Mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2    Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2    Menirukan elemen musik melalui lagu  

Indikator :
§    Mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡    Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
¡    Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
¡    Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
¡    Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosakata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
¡    Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
¡    Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
¡    Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
¡    Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
¡    Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Bernyanyi Topi Saya Bundar
§  Membedakan panjang pendek bunyi
§  Membedakan benda hidup dan benda tak hidup
§  Mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila
§  Mendeklamasikan bunyi sila ke-4 Pancasila


E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode  :           Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Di awal pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§  Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
§  Guru melakukan kegiatan ice breaking untuk menghidupkan suasana kelas.
§  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
§  Guru melakukan apersepsi. Mengidentifikasi kelengkapan seragam.
§  Menyebutkan benda-benda yang digunakan saat pergi ke sekolah.
§  Salah satu atribut yang digunakan ke sekolah adalah topi.
10 menit
Inti
¡  Mendengarkan guru menyanyikan lagu” Topi Saya Bundar”, siswa mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan. Kegiatan mendengarkan juga dapat dilakukan dengan memutar lagu.
¡  Siswa mengamati guru yang memberikan contoh cara menyanyi lagu “Topi Saya Bundar.”
¡  Siswa berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”
¡  Siswa memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.
Topi Saya Bundar
Ciptaan: Pak Kasur
| 0 . 5 | 5 . 3 | 1 . 5 | 4 . . | 0 . 4 | 4 . 6 |
to pi sa ya bun dar bun dar to
| 5 . 4 | 3 . . | 0 . 5 | 5 . 3 | 1 . 5 | 4 . . |
pi sa ya ka lau ti dak bun dar
| 0 . 1 | 7 . 5 | 6 . 7 | 1 . . |
bu kan to pi sa ya
Lirik lagu dengan tanda bunyi nadanya pendek, sedangkan lirik dengan tanda bunyi nadanya panjang.
.
.
¡  Siswa membaca kembali teks lagu dan teks tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡  Siswa berdiskusi benda yang disebutkan dalam teks lagu. Selanjutnya, menentukan termasuk benda hidup atau tak hidup.
¡  Siswa berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.


¡  Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup.
¡  Siswa mengamati berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.
¡  Siswa mengidentifikasi keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang diberikan.
¡  Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.
Misalnya:
Papan tulis termasuk benda tak hidup karena tidak dapat bergerak sendiri.
Teman termasuk benda hidup karena dapat bergerak sendiri.
Alasan yang diberikan siswa dapat beragam sesuai tingkat pemahaman siswa. Alasan dapat dibenarkan jika sesuai dan logis.
Ayo Mengamati
¡  Salah satu benda yang ada di kelas adalah lambang negara Garuda Pancasila.
¡  Lambang negara Garuda Pancasila memiliki 5 sila dengan bunyi dan lambang masing-masing.
¡  Lambang sila ke-4 adalah kepala banteng
¡  Bunyi sila ke-4 adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan
¡  Sebagai tambahan, bisa juga dilakukan kegiatan lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.
¡  Siswa mengamati contoh mendeklamasikan sila ke-4.
¡  Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4 secara bergantian.

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡  Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini. Apa yang kamu pelajari hari ini?
¡  Bagaimana perasaanmu saat kegiatan menyanyi, mengelompokkan benda, dan mendeklamasikan sila ke-4 Pancasila?
¡  Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
¡  Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
¡  Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
¡  Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.

¡  Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

15 menit

G.     MEDIA DAN  ALAT PEMBELAJARAN
¡    Berbagai gambar benda hidup dan tak hidup
¡    Gunting dan lem
¡    Buku teks

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).
Penilaian Pengetahuan:
Tes tertulis: Skor
a.    Mengisi titik-titik sesuai dengan pernyataan yang benar.

Jumlah soal: 2 buah
Skor maksimal: 100

Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban : bisa beragam sesuai pemahaman siswa.
Contoh:
Papan tulis termasuk benda tak hidup karena tidak dapat bergerak sendiri.
Kucing termasuk benda hidup karena dapat bergerak sendiri.

b.    Pengelompokan benda hidup dan benda tak hidup.
       Jumlah soal : 10 buah
       Skor Maksimal : 100
       Kunci Jawaban
Penilaian Keterampilan:
a.  Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menyanyi untuk Membedakan Panjang dan Pendek Bunyi

No
Kriteria
Baik sekali
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 -70)
Perlu Bimbingan
( ≤ 60)
1.
Membedakan panjang dan pendek bunyi saat menyanyi
Seluruh bagian dinyanyikan dengan tepat sesuai panjang dan pendek bunyi
Ada 1-2 bagian dinyanyikan dengan kurang tepat sesuai panjang dan pendek bunyi
Ada 3-4 bagian dinyanyikan dengan kurang tepat sesuai panjang dan pendek bunyi
Belum mampu menyanyi sesuai panjang dan pendek bunyi
2.
Ekspresi
Penghayatan sesuai dengan isi lagu, percaya diri, ekspresif, suara terdengar jelas
Memenuhi tiga kriteria
Memenuhi dua kriteria
Memenuhi satu kriteria



b.  Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mendeklamasikan Bunyi Sila ke-4 Pancasila

No
Kriteria
Baik sekali
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 -70)
Perlu Bimbingan
( ≤ 60)
1.
Penguasaan isi bunyi sila ke-4
Siswa hafal seluruh bunyi sila ke-4 Pancasila
Ada 1 kata tidak hafal/ tidak sesuai
Hanya setengah bunyi sila ke-4 Pancasila yang dikuasai
Siswa belum hafal bunyi sila ke-4 pancasila
2.
Suara dan intonasi
Suara lantang dan intonasi sesuai dilakukan secara konsisten
Suara lantang dan intonasi sesuai tetatpi tidak konsisten
Salah satu kriteria tidak terpenuhi
Belum mampu mendeklamasikan bunyi sila ke-4 Pancasila


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

0 comments:

Post a Comment