RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1 : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli,
dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
(KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
(KD)
3.6 Menguraikan
kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek
(berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau
eksplorasi lingkungan
4.6 Menggunakan
kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa
daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis
sederhana.
Indikator :
§ membedakan panjang pendek bunyi dengan
benar.
§ mempraktikkan panjang pendek bunyi
dalam sebuah lagu dengan benar.
§ menunjukan kosakata tentang berbagai
jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
§ menunjukkan kosakata yang berkaitan
dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
§ menggunakan kosakata tentang berbagai
jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
§ menggunakan kosakata tentang berbagai
jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
PPKn
Kompetensi Dasar
(KD)
1.1 Mensyukuri
diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila
2.1 Menunjukkan
sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.1 Mengenal
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan
simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila
Indikator :
§ Mengamati gambar lambang negara
Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
§ Mengamati gambar lambang negara
Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
SBdP
Kompetensi Dasar
(KD)
3.2 Mengenal
elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu
Indikator :
§ Mendeklamasikan bunyi sila kelima
Pancasila.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡
Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat
membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
¡
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
¡
Setelah membaca teks lagu, siswa dapat
menunjukan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara
lisan dengan tepat.
¡
Setelah membaca teks, siswa dapat
menujukkan kosakata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan
benar.
¡
Melalui kegiatan identifikasi gambar
benda, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
¡
Setelah berdiskusi, siswa dapat
menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara
tertulis dalam kalimat dengan tepat.
¡
Setelah mengamati gambar lambang
negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan
benar.
¡
Setelah mengamati gambar lambang
negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan
benar.
¡
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Bernyanyi Topi Saya Bundar
§ Membedakan panjang pendek bunyi
§ Membedakan benda hidup dan benda tak
hidup
§ Mengenal simbol dan bunyi sila ke-4
Pancasila
§ Mendeklamasikan bunyi sila ke-4
Pancasila
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Di awal pembelajaran, guru menyapa
siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§ Siswa berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa
petugas piket.
§ Guru melakukan kegiatan ice
breaking untuk menghidupkan suasana kelas.
§ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
§ Guru melakukan apersepsi.
Mengidentifikasi kelengkapan seragam.
§ Menyebutkan benda-benda yang
digunakan saat pergi ke sekolah.
§ Salah satu atribut yang
digunakan ke sekolah adalah topi.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Mendengarkan guru menyanyikan lagu”
Topi Saya Bundar”, siswa mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu
yang diperdengarkan. Kegiatan mendengarkan juga dapat dilakukan dengan
memutar lagu.
¡
Siswa mengamati guru yang memberikan
contoh cara menyanyi lagu “Topi Saya Bundar.”
¡
Siswa berlatih menyanyikan lagu
“Topi Saya Bundar.”
¡
Siswa memperhatikan tanda yang ada
pada lirik lagu.
Topi Saya Bundar
Ciptaan: Pak Kasur
| 0 . 5 | 5 . 3 | 1 . 5 | 4 . . | 0
. 4 | 4 . 6 |
to pi sa ya bun dar bun dar to
| 5 . 4 | 3 . . | 0 . 5 | 5 . 3 | 1
. 5 | 4 . . |
pi sa ya ka lau ti dak bun dar
| 0 . 1 | 7 . 5 | 6 . 7 | 1 . . |
bu kan to pi sa ya
Lirik lagu dengan tanda bunyi nadanya
pendek, sedangkan lirik dengan tanda bunyi nadanya panjang.
.
.
¡
Siswa membaca kembali teks lagu dan
teks tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡
Siswa berdiskusi benda yang
disebutkan dalam teks lagu. Selanjutnya, menentukan termasuk benda hidup atau
tak hidup.
¡
Siswa berdiskusi tentang benda lain
yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan
ciri.
¡
Setelah mengenal perbedaan benda
hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar.
Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup.
¡
Siswa mengamati berbagai gambar
benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.
¡
Siswa mengidentifikasi keberadaan
benda di kelas sesuai daftar yang diberikan.
¡
Siswa melengkapi kalimat sesuai
dengan materi yang sedang dipelajari.
Misalnya:
Papan tulis termasuk benda tak hidup
karena tidak dapat bergerak sendiri.
Teman termasuk benda hidup karena
dapat bergerak sendiri.
Alasan yang diberikan siswa dapat
beragam sesuai tingkat pemahaman siswa. Alasan dapat dibenarkan jika sesuai
dan logis.
Ayo Mengamati
¡
Salah satu benda yang ada di kelas
adalah lambang negara Garuda Pancasila.
¡
Lambang negara Garuda Pancasila
memiliki 5 sila dengan bunyi dan lambang masing-masing.
¡
Lambang sila ke-4 adalah kepala
banteng
¡
Bunyi sila ke-4 adalah Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan
¡
Sebagai tambahan, bisa juga
dilakukan kegiatan lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara
Pancasila.
¡
Siswa mengamati contoh
mendeklamasikan sila ke-4.
¡
Siswa mendeklamasikan bunyi sila
ke-4 secara bergantian.
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa melakukan
kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa
pertanyaan berikut ini. Apa yang kamu pelajari hari ini?
¡ Bagaimana perasaanmu saat
kegiatan menyanyi, mengelompokkan benda, dan mendeklamasikan sila ke-4
Pancasila?
¡ Kegiatan apa yang paling kamu
sukai?
¡ Informasi apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut?
¡ Bagaimana caramu untuk
mendapatkan informasi tersebut?
¡
Pertanyaan yang diajukan guru pada
kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru
menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa
memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
¡
Kegiatan kelas diakhiri dengan
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin
oleh salah satu siswa petugas piket.
|
15 menit
|
G. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
¡
Berbagai gambar benda hidup dan tak
hidup
¡
Gunting dan lem
¡ Buku teks
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian
Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa
selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).
Penilaian Pengetahuan:
Tes tertulis: Skor
a. Mengisi
titik-titik sesuai dengan pernyataan yang benar.
Jumlah soal: 2 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban : bisa beragam sesuai
pemahaman siswa.
Contoh:
Papan tulis termasuk benda tak hidup
karena tidak dapat bergerak sendiri.
Kucing termasuk benda hidup karena
dapat bergerak sendiri.
b. Pengelompokan
benda hidup dan benda tak hidup.
Jumlah
soal : 10 buah
Skor
Maksimal : 100
Kunci
Jawaban
Penilaian Keterampilan:
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menyanyi untuk
Membedakan Panjang dan Pendek Bunyi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(86 – 100)
|
Baik
(71 – 85)
|
Cukup
(61 -70)
|
Perlu Bimbingan
( ≤ 60)
|
1.
|
Membedakan panjang dan pendek
bunyi saat menyanyi
|
Seluruh bagian dinyanyikan
dengan tepat sesuai panjang dan pendek bunyi
|
Ada 1-2 bagian dinyanyikan
dengan kurang tepat sesuai panjang dan pendek bunyi
|
Ada 3-4 bagian dinyanyikan
dengan kurang tepat sesuai panjang dan pendek bunyi
|
Belum mampu menyanyi sesuai
panjang dan pendek bunyi
|
2.
|
Ekspresi
|
Penghayatan sesuai dengan isi
lagu, percaya diri, ekspresif, suara terdengar jelas
|
Memenuhi tiga kriteria
|
Memenuhi dua kriteria
|
Memenuhi satu kriteria
|
b. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mendeklamasikan
Bunyi Sila ke-4 Pancasila
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(86 – 100)
|
Baik
(71 – 85)
|
Cukup
(61 -70)
|
Perlu Bimbingan
( ≤ 60)
|
1.
|
Penguasaan isi bunyi sila ke-4
|
Siswa hafal seluruh bunyi sila
ke-4 Pancasila
|
Ada 1 kata tidak hafal/ tidak
sesuai
|
Hanya setengah bunyi sila ke-4
Pancasila yang dikuasai
|
Siswa belum hafal bunyi sila
ke-4 pancasila
|
2.
|
Suara dan intonasi
|
Suara lantang dan intonasi
sesuai dilakukan secara konsisten
|
Suara lantang dan intonasi
sesuai tetatpi tidak konsisten
|
Salah satu kriteria tidak
terpenuhi
|
Belum mampu mendeklamasikan
bunyi sila ke-4 Pancasila
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
0 comments:
Post a Comment