Berikut adalah contoh POS Ujian Sekolah / Madrasah
untuk file lengkapnya silakan download pada link di bawah
PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH PADA MI ISLAMIYAH BANARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
I.
KETENTUAN UMUM
Dalam Peraturan Kepala Madrasah ini yang
dimaksud dengan:
1.
Prosedur Operasi Standar Ujian
Sekolah/Madrasah selanjutnya disebut POS US/M Tahun Pelajaran 2016/2017
sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Kepala MI Islamiyah Banaran ini
merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Kepala MI Islamiyah Banaran .
2. Kriteria
Kelulusan adalah ketercapaian minimal persyaratan kelulusan peserta didik.
3.
Ujian Sekolah/Madrasah yang selanjutnya
disebut US/M adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik
untuk semua mata pelajaran dan muatan lokal.
4.
US/M Susulan adalah US/M yang dilaksanakan
bagi peserta didik yang berhalangan mengikuti US/M karena alasan tertentu dan
disertai bukti yang sah.
5.
Kisi-kisi US/M adalah acuan dalam penyusunan
dan perakitan Paket Soal yang disusun berdasarkan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi.
6.
Paket Soal US/M adalah seperangkat soal yang
digunakan pada US/M.
7.
Lembar Jawaban US/M yang selanjutnya disebut
LJUS/M adalah lembaran kertas yang digunakan oleh peserta ujian untuk menjawab
soal US/M dan dapat dipindai.
8.
Daftar Nominasi Sementara yang selanjutnya
disebut DNS adalah daftar yang memuat calon peserta US/M sementara.
9.
Daftar Nominasi Tetap yang selanjutnya
disebut DNT adalah daftar yang memuat calon peserta tetap US/M.
10.
Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah/Madrasah
yang selanjutnya disebut SKHUS/M adalah surat keterangan yang berisi hasil
ujian US/M.
11.
Daftar Kolektif Hasil Ujian Sekolah/Madrasah
yang selanjutnya disebut DKHUS/M adalah daftar yang memuat hasil US/M.
12.
Ijazah adalah dokumen/sertifikat pencapaian
kompetensi akhir peserta didik yang berisi keterangan: penyelesaian seluruh
program pembelajaran; perolehan nilai minimal baik pada penilaian akhir; dan
lulus US/M.
13.
Prosedur Operasional Standar yang selanjutnya
disebut POS adalah urutan langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan US/M.
II.
PENYELENGGARA DAN
PANITIA UJIAN SEKOLAH/MADRASAH
A. Penyelenggara
MI
Islamiyah Banaran sebagai Penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah bertugas:
1.
menyusun dan menetapkan POS pelaksanaan Ujian;
2.
menetapkan Panitia Ujian Tingkat Madrasah;
3.
melakukan koordinasi persiapan dan pengawasan pelaksanaan Ujian tingkat Madrasah;
4.
mengadakan penandatanganan pakta integritas dengan Kepala UPTD Kecamatan;
5.
melakukan evaluasi, dan menyusun laporan pelaksanaan Ujian dan menyampaikannya kepada UPTD
Kecamatan Banyuputih dan Kementerian Agama Kabupaten Batang.
B. Panitia Ujian Sekolah/Madrasah Tingkat Satuan Pendidikan
Panitia Ujian Sekolah/Madrasah Tingkat Satuan Pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab
sebagai berikut:
1. merencanakan dan menyusun
petunjuk teknis pelaksanaan US/M berdasarkan Permen dan POS US/M;
2. melakukan sosialisasi
pelaksanaan US/M kepada pendidik, peserta US/M, orang tua, dan komite sekolah;
3. mengusulkan calon penulis
US/M yang kisi-kisinya ditetapkan oleh Kementerian kepada Pemerintah
Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama;
4. menyusun dan menetapkan
paket soal US/M yang kisi-kisinya tidak ditetapkan Kementerian;
5. melakukan pendaftaran calon
peserta US/M dan mengirimkannya ke Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kantor
Kementerian Agama;
6. melakukan latihan
pengisian LJUS/M kepada calon peserta US/M;
7. mengambil bahan US/M di
tempat yang sudah ditetapkan oleh Penyelenggara US/M Kabupaten/Kota;
8. memeriksa dan memastikan
amplop paket soal US/M dalam keadaan disegel;
9. menjaga kerahasiaan dan
keamanan bahan US/M;
10. menyiapkan ruang khusus
untuk pelaksanaan US/M bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus;
11. menjaga keamanan
pelaksanaan US/M;
12. memeriksa dan memastikan
amplop LJUS/M dalam keadaan dilem/dilak dan telah ditandatangani oleh Pengawas
Ruang US/M, serta dibubuhi stempel Satuan Pendidikan;
13. mengumpulkan bahan US/M
serta mengirimkannya ke Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama;
14. menerima DKHUS/M dari
Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama;
15. menerbitkan,
menandatangani, dan membagikan SKHUS/M kepada peserta US/M;
16. menyampaikan laporan
pelaksanaan US/M kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama;
Panitia Ujian
Sekolah/Madrasah Tingkat MI Islamiyah Banaran adalah sebagai berikut :
NO
|
NAMA
|
JABATAN DALAM SEKOLAH
|
JABATAN PANITIA
|
1
|
Thohirin
NIP. -
|
Kepala
|
Ketua
|
3.
|
Nur Wachit, S.Pd.I
NIP.198103142005011004
|
Guru
|
Sekretaris
|
4.
|
Siti Malikhatun, S.Pd.I.
NIP.
-
|
Guru
|
Bendahara
|
5.
|
ST. Fatmawati, S.Pd.I.
NIP.
196902162000032001
|
Guru
|
Anggota
|
6.
|
Ah. Irfan, S.Pd.I
NIP.
-
|
Guru
|
Anggota
|
III.
PESERTA UJIAN SEKOLAH/MADRASAH
A. Persyaratan
dan Hak Peserta
1. Peserta
didik yang belajar pada tahun terakhir di MI Islamiyah Banaran
2.
Peserta didik yang memiliki laporan lengkap
penilaian hasil belajar semester 1 kelas IV sampai dengan semester 1 kelas VI.
3.
Peserta US/M yang karena alasan tertentu dan
disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti US/M berhak mengikuti US/M
susulan.
B. Pendaftaran
Peserta
1. MI Islamiyah
Banaran melakukan pendaftaran peserta dengan menggunakan format pendaftaran
yang dibakukan oleh Pemerintah Provinsi.
2. MI Islamiyah Banaran mengirimkan daftar
peserta ke Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama.
3. MI Islamiyah Banaran melakukan validasi DNS
dan mengirimkan hasil validasi ke Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kantor
Kementerian Agama.
4. Kepala MI Islamiyah
Banaran menandatangani
dan membubuhkan stempel pada Kartu Peserta US/M yang telah ditempel foto
peserta.
A.
Kisi-Kisi
1. Kisi-kisi
Ujian Sekolah
tahun pelajaran 2016/2017 Sebagaimana diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud tanggal 10 Januari 2017 nomor
0513/H.H4/EP/2017 tentang Kisi-Kisi US Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah
(MI), SDLB, Program Paket A Tahun 2017.
2. Kisi-kisi
Ujian Sekolah
tahun pelajaran 2016/2017 untuk
kelompok mapel 2 (PKn, IPS) sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Dinas
Pendidikan Kabupaten Batang.
3. Kisi-kisi Ujian
Madrasah tahun pelajaran 2016/2017 untuk mata
pelajaran rumpun Agama Islam sebagaimana dikeluarkan Oleh Kasi
Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Batang
B.
Bahan
1.
Bahan US/M yang berupa master dan naskah soal, merupakan
dokumen negara yang bersifat rahasia.
2.
Naskah soal US/M setelah digunakan disimpan di Madrasah selama 1 bulan, kemudian dimusnahkan
dengan berita acara.
3.
Madrasah
menjamin keamanan dan kerahasiaan naskah US/M selama masa penyimpanan.
4.
Lembar jawaban US/M yang telah diisi oleh
peserta merupakan dokumen negara yang bersifat rahasia.
V.
PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH
A. Jadwal
1. Jadwal
pelaksanaan US/M Tulis Utama Tahun
Pelajaran 2016/2017 sebagai berikut:
NO
|
Hari/Tanggal
|
Pukul
|
Mata Pelajaran
|
1
|
Jum’at, 12 Mei 2017
|
07.30 – 09.00
|
Qur’an Hadits
|
09.30 – 11.00
|
Akidah Akhlak
|
||
2
|
Sabtu,
13 Mei 2017
|
08.00 – 09.30
|
Fiqih
|
10.00 – 11.30
|
Bahasa Arab
|
||
3
|
Senin,
15 Mei 2017
|
08.00 - 10.00
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
Selasa, 16
Mei 2017
|
08.00 - 10.00
|
Matematika
|
5
|
Rabu, 17 Mei 2017
|
08.00 - 10.00
|
IPA
|
6
|
Kamis, 18 Mei 2017
|
08.00 – 09.30
|
SKI
|
10.00 – 11.30
|
PKn
|
||
7
|
Jum’at, 19 Mei 2017
|
07.30 – 09.00
|
IPS
|
09.30 – 11.00
|
Bhs. Jawa
|
2. Jadwal pelaksanaan
US/M Tulis Susulan Tahun Pelajaran 2016/2017
sebagai berikut:
NO
|
Hari/Tanggal
|
Pukul
|
Mata Pelajaran
|
1
|
Senin, 22 Mei 2017
|
08.00 - 10.00
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
Selasa, 23 Mei 2017
|
08.00 - 10.00
|
Matematika
|
3
|
Rabu, 24 Mei 2017
|
08.00 - 10.00
|
IPA
|
4
|
Senin, 29 Mei 2017
|
08.00 - 09.30
|
SKI
|
10.00 - 11.30
|
PKn
|
||
5
|
Selasa, 30 Mei 2017
|
08.00 - 09.30
|
IPS
|
10.00 - 11.30
|
Bahasa
Jawa
|
||
6
|
Rabu, 31 Mei 2017
|
08.00 - 09.30
|
Qur’an
Hadits
|
10.00 - 11.30
|
Akidah
Akhlak
|
||
7
|
Kamis, 1 Juni
2017
|
08.00 - 09.30
|
Fiqih
|
10.00 - 11.30
|
Bahasa
Arab
|
B. Ruang
Persyaratan Ruang sebagai berikut:
1.
ruang US/M yang digunakan aman dan memadai
untuk pelaksanaan US/M;
2.
setiap ruang US/M ditempel pengumuman yang
bertuliskan “DILARANG MASUK SELAIN PESERTA US/M DAN PENGAWAS”
3.
setiap ruang ditempati paling banyak 20
peserta, dan 2 (dua) meja untuk dua Pengawas US/M;
4.
setiap meja dalam ruang US/M diberi nomor
peserta US/M ;
5.
setiap ruang US/M disediakan denah tempat
duduk peserta US/M dan bahan untuk lak/lem;
6.
gambar atau alat peraga yang berkaitan dengan
materi US/M agar dikeluarkan dari ruang US/M;
7.
tempat duduk peserta US/M diatur sebagai
berikut:
a. satu
bangku untuk satu orang peserta US/M ;
b. jarak
antara meja yang satu dengan yang lain disusun dengan mempertimbangkan jarak
antara peserta yang satu dengan peserta yang lain minimal 1 (satu) meter;
c. penempatan
peserta US/M disesuaikan dengan urutan nomor peserta US/M (lihat gambar denah
ruang US/M);
8.
diluar ruang dipasang tulisan HARAP TENANG ADA UJIAN:
C. Pengawas
Ruang
1. Pengawas
Ruang US/M berasal dari pendidik yang memiliki sikap dan perilaku disiplin,
jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan serta bukan
pendidik kelas VI.
2. Pengawas
ruang diatur secara silang penuh antar satuan pendidikan dalam lingkup satu
kecamatan.
3. Pengawas
Ruang US/M harus menandatangani surat pernyataan bersedia menjadi Pengawas
Ruang US/M dan pakta integritas serta harus hadir 30 menit sebelum US/M dimulai.
4. Pengawas
Ruang US/M tidak diperkenankan membawa alat komunikasi elektronik, dokumen,
bahan, dan peralatan lain yang dapat mengganggu kelancaran tugas pengawasan
US/M.
5. Setiap
ruangan diawasi oleh 2 (dua) orang pengawas ruang US/M
6. Pengawas
ruang US/M untuk mata pelajaran selain Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA
pada SD/MI ditentukan oleh satuan pendidikan.
7. Pengawas
ruang berhak mengingatkan peserta ujian untuk ke toilet sebelum memasuki ruang
ujian,
8. Pengawas
ruang berhak memperingatkan siswa yang melakukan kecurangan
9. Pengawas
ruang dilarang merokok di dalam ruang ujian
10. Pengawas
ruang dapat membantu siswa dalam mengingatkan kecermatan pengisian data peserta
pada LJUS
D. Tata
Tertib Pengawas Ruang
1.
Persiapan
a.
Tiga puluh menit sebelum US/M dimulai,
Pengawas Ruang US/M telah hadir di lokasi.
b.
Pengawas Ruang US/M menerima penjelasan dan
pengarahan dari Penanggungjawab Penyelenggaraan US/M.
c.
Pengawas Ruang US/M menerima bahan US/M dari
Penanggungjawab Penyelenggaraan US/M berupa Paket Soal, LJUS/M, Amplop LJUS/M,
Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M.
2.
Pelaksanaan
a.
Pengawas Ruang US/M masuk ke dalam ruang US/M
20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang US/M.
b.
Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M
untuk memasuki ruang US/M dengan menunjukkan kartu peserta US/M, dan menempati
tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan.
c.
Pengawas Ruang US/M memeriksa setiap peserta
US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi
elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali alat tulis
yang akan digunakan.
d.
Pengawas Ruang US/M membacakan Tata Tertib
US/M setiap pelaksanaan US/M.
e.
Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M
menandatangani Daftar Hadir US/M.
f.
Pengawas Ruang US/M membagikan LJUS/M kepada
peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M (nomor
US/M, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M dimulai.
g.
Setelah seluruh peserta US/M selesai mengisi
identitas, Pengawas Ruang US/M membuka amplop paket soal, memeriksa kelengkapan
bahan US/M, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan
tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta US/M.
h.
Pengawas Ruang US/M membagikan paket soal
US/M dengan cara meletakkan di atas meja peserta US/M dalam posisi tertutup
(terbalik). Peserta US/M tidak
diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu US/M dimulai.
i. Pengawas
Ruang US/M mengecek kelengkapan paket soal US/M.
j.
Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai,
Pengawas Ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai mengerjakan soal
dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab
soal.
k.
Kelebihan paket soal US/M selama US/M
berlangsung tetap disimpan di ruang US/M dan tidak boleh dibawa keluar ruangan
sampai US/M selesai.
l. Selama US/M berlangsung, Pengawas Ruang US/M
wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US/M, memberi
peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang
orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.
m. Pengawas Ruang mencatat setiap kejadian
termasuk kecurangan selama penyelenggaraan US/M di dalam Berita Acara Pelaksanaan
US/M.
n.
Pengawas Ruang US/M dilarang memberi isyarat,
petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal
US/M yang diujikan.
o.
Lima menit sebelum waktu US/M selesai,
Pengawas Ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu tinggal
lima menit.
p.
Setelah waktu US/M selesai, Pengawas Ruang
US/M mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas
mengumpulkan LJUS/M dan Paket Soal US/M. Peserta US/M dipersilahkan
meninggalkan ruang US/M, setelah pengawas menghitung jumlah LJUS/M sama dengan
jumlah peserta US/M.
q.
Pengawas Ruang US/M menyusun secara urut
LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukkannya ke dalam amplop LJUS/M
disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan dilak serta
ditandatangani oleh Pengawas Ruang US/M di dalam ruang US/M .
r. Pengawas
Ruang US/M menandatangani Berita Acara Pelaksanaan US/M yang berisi catatan
kejadian selama US/M berlangsung.
s.
Pengawas Ruang US/M menyerahkan amplop berisi
LJUS/M yang sudah dilak serta Berita Acara Pelaksanaan US/M kepada
penanggungjawab US/M Satuan pendidikan.
E. Tata
Tertib Peserta
1.
Peserta US/M memasuki ruangan setelah tanda
masuk dibunyikan, yakni 15 menit sebelum US/M dimulai.
2.
Peserta US/M yang terlambat hadir hanya
diperkenankan mengikuti US/M setelah mendapat izin dari Penanggung Jawab Satuan
Pendidikan, tanpa diberi perpanjangan waktu.
3.
Peserta US/M dilarang membawa alat komunikasi
elektronik, kalkulator, tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun ke dalam
ruang US/M .
4.
Peserta US/M membawa alat tulis menulis
berupa pensil 2B, penghapus, penggaris, dan bolpoin berwarna hitam/biru serta
kartu tanda peserta US/M.
5.
Peserta US/M mengisi Daftar Hadir.
6.
Peserta US/M mulai mengerjakan soal setelah
ada tanda waktu mulai US/M.
7.
Peserta US/M mengisi identitas pada LJUS/M
secara lengkap dan benar.
8.
Peserta US/M yang memerlukan penjelasan cara
pengisian identitas pada LJUS/M dapat bertanya kepada Pengawas Ruang US/M
dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.
9.
Selama US/M berlangsung, peserta US/M hanya
dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari Pengawas Ruang US/M,
serta tidak melakukannya berulang kali.
10.
Peserta US/M yang memeroleh Paket Soal yang
cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian
Paket Soal.
11.
Peserta US/M yang me ninggalkan ruangan
setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan,
dinyatakan telah selesai menempuh/ mengikuti US/M pada mata pelajaran yang
terkait.
12.
Peserta US/M yang telah selesai mengerjakan
soal sebelum waktu US/M berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan
sebelum berakhirnya waktu US/M.
13.
Peserta US/M berhenti mengerjakan soal
setelah ada tanda berakhirnya waktu US/M.
14.
Selama US/M berlangsung, peserta US/M
dilarang:
a.
menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;
b.
bekerjasama dengan peserta lain;
c.
memberi atau menerima bantuan dalam menjawab
soal;
d.
memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada
peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
e.
membawa Paket Soal US/M dan LJUS/M keluar
dari ruang US/M;
f.
menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
VI.
PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN HASIL UJIAN SEKOLAH/MADRASAH
A. Pengumpulan Hasil
1.
Penanggungjawab penyelenggara US/M MI Islamiyah Banaran mengumpulkan amplop LJUS/M yang telah dilak/dilem oleh pengawas
ruang US/ M dan memasukkannya ke dalam amplop besar.
2.
Penanggungjawab penyelenggaraan US/M MI Islamiyah Banaran mengirimkan LJUS/M ke UPTD
Disdikpora Kecamatan Banyuputih, disertai dengan Berita
Acara Serah Terima.
3.
Pengumpulan hasil US/M untuk mata pelajaran selain Bahasa
Indonesia, Matematika dan IPA dikumpulkan
pada Panitia Ujian tingkat KKMI Kecamatan Banyuputih.
B. Pengolahan Hasil
Pengolahan hasil LJUS/M diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten
Batang
VII.
KELULUSAN DARI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DAN
KELULUSAN DARI SATUAN PENDIDIKAN
A. Kelulusan
US/M
1. Peserta
didik dinyatakan lulus US/M apabila peserta didik telah memenuhi kriteria
kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai
US/M.
2. Kriteria
kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat pendidik sebelum pelaksanan US/M yang
mencakup:
a.
nilai minimal setiap mata pelajaran US/M; dan
b.
nilai rata-rata minimal mata pelajaran US/M.
B. Kelulusan
Dari MI Islamiyah Banaran
1.
Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan
pendidikan melalui rapat pendidik setelah:
a. menyelesaikan
seluruh program pembelajaran;
b.
memeroleh nilai minimal baik pada penilaian
akhir untuk seluruh mata pelajaran dan muatan lokal; dan
c. lulus
US/M.
2.
Kriteria peserta didik telah menyelesaikan
seluruh program pembelajaran ditentukan oleh pendidik dengan mempertimbangkan
kehadiran peserta didik pada program pembelajaran dari semester 1 kelas I
sampai semester 2 kelas VI.
3.
Kriteria peserta didik memeroleh nilai baik
untuk seluruh mata pelajaran dan muatan lokal ditentukan oleh pendidik melalui
rapat pendidik tingkat Satuan Pendidikan.
C. Pengumuman
Kelulusan dari Satuan Pendidikan
Pengumuman
kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat empat minggu
setelah pelaksanaan US/M.
VIII.
PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN
A. Pemantauan
dan Evaluasi
Pemantauan
dan evaluasi US/M dilakukan oleh Kementerian, Pemerintah Provinsi, dan
Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
B. Pelaporan
1.
Pelaporan US/M dilakukan oleh Kementerian,
Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas dan
kewenangannya.
2.
Pelaporan US/M memuat informasi pelaksanaan
dan pemetaan hasil US/M.
3.
Kementerian melakukan pemetaan hasil US/M
tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
4.
Kementerian memetakan hasil US/M mata
pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA untuk SD/MI, SDLB dan mata
pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, IPS, dan PKn untuk Program
Paket A/Ula.
5.
Pemetaan mencakup informasi antara lain
kemampuan peserta US/M menjawab benar setiap butir soal pada setiap mata
pelajaran dan muatan lokal, rerata nilai US/M, dan statistik deskriptif.
IX.
BIAYA PENYELENGGARAAN
A. Komponen
Biaya Penyelenggaraan
1.
Biaya penyelenggaraan US/M dibebankan pada Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2016
B. Komponen
biaya penyelenggaraan US/M:
1.
pengisian dan pengiriman data calon peserta
US/M ke Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama;
2.
pelaksanaan sosialisasi pelaksanaan US/M;
3.
penyusunan, perakitan dan penetapan 100%
(seratus persen) paket soal yang kisi-kisinya selain dari Kementerian;
4.
pengambilan bahan US/M dari Pemerintah
Kabupaten/Kota atau Kantor Kementerian Agama;
5.
pengiriman LJUS/M ke Pemerintah
Kabupaten/Kota atau Kantor Kementerian Agama;
6.
operasional penyelenggaraan US/M termasuk
pengamanannya;
7.
pencetakan kartu pengawas US/M;
8.
pengawasan pelaksanaan US/M di Satuan
Pendidikan; dan
9.
penyusunan dan pengiriman laporan ke
Pemerintah Kabupaten/Kota atau Kantor Kementerian Agama .
C. Komponen
biaya penyelenggaraan US/M:
Rencana
Anggaran Penyelenggaraan US/M terlampir
X.
SANKSI
1.
Peserta US/M yang melanggar tata tertib akan
diberi sanksi oleh pengawas ruang US/M maupun Penanggungjawab Penyelenggaraan
US/M.
2.
Pengawas ruang US/M yang melanggar tata
tertib akan diberikan peringatan oleh Penanggungjawab Penyelenggaraan US/M dan
dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang -undangan .
3.
Setiap orang/kelompok yang melanggar
ketentuan POS US/M diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
4.
Semua jenis pelanggaran hams dituangkan dalam
Berita Acara.
Ditetapkan di : Banaran
pada tanggal :
4 April 2017
Kepala MI Islamiyah
Banaran
Thohirin, S.Pd.I.
NIP. -
0 comments:
Post a Comment