Sunday, March 4, 2018

RPP KURIKULUM 2013 Kelas 1 Semester 2 Tema 5 pengalamanku

CONTOH MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   MI Nurul Huda Harjowinangun Barat
Kelas / Semester          :   I (Satu) / 2
Tema 5                            :   Pengalamanku
Sub Tema 1                   :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                :   1
Alokasi Waktu               :   5 x 35 menit


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,  guru, dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
SBDP
3.2       Mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2       Menirukan elemen musik melalui lagu.
Indikator :
·         Siswa dapat membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh

Bahasa Indonesia
3.8       Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
4.8       Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Indikator :
·         Siswa dapat menyalin kalimat pujian
·         Siswa dapat membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman

PPKn
1.1       Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang Negara “Garuda Pancasila”.
2.1       Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1       Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1       Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Indikator :
·         Siswa dapat Menyebutkan bunyi sila ke-2

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
2.     Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
3.     Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
4.     Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
5.     Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
6.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
7.     Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
8.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
9.     Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
10.  Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
11.  Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
12.  Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.
D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
·         Menyebutkan bunyi sila ke-2
·         Menyalin kalimat pujian
·         Membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan     : Saintifik
·         Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·              Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
·              Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
·              Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
·              Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
10 menit
Inti
Ayo Bernyanyi
·              Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda Piara”.
·              Tanyakan kepada siswa apakah mereka mengenal lagu tersebut atau tidak.
·              Ajak siswa untuk menyanyikan lagu berikutnya, ”Burung Kakaktua”, bersama-sama untuk membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan belajar.
·              Guru memainkan lagu dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian.
·              Siswa diminta berdiri bersama-sama dan melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yang dimainkan atau dinyanyikan oleh guru.
·              Setelah beberapa kali melakukan gerakan cepat maupun lambat sesuai dengan tempo lagu, ajak siswa kembali duduk dan berdiskusi bersama.
·              Tanyakan kepada siswa apa yang mereka rasakan saat melakukan gerakan mengikuti musik yang dimainkan oleh guru.
·              Berikan kesempatan pada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
·              Ajak siswa menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
·              Jelaskan mengenai makna dari tempo pada sebuah lagu.
·              Bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
·              Siapkan gulungan kertas bertuliskan cepat atau lambat.
·              Minta perwakilan kelompok untuk mengambil gulungan kertas dan menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” dengan tempo sesuai yang tertera di kertas, apakah ketukan cepat atau lambat.
·              Kelompok siswa yang belum memperoleh giliran diminta mengamati ketepatan tempo dari lagu yang tengah dinyanyikan.
·              Lakukan sampai semua kelompok memperoleh giliran bernyanyi.
·              Berikan apresiasi pada kelompok siswa yang telah menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua” sesuai tempo yang diminta.
Ayo Mengamati
·         Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
·         Pada saat membacakan cerita, berikan penekanan pada bagian yang berisi ungkapan pujian.
·         Selesai bercerita, lakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang telah dibacakan.
·         Tanyakan kepada siswa apakah mereka mendengar ungkapan pujian dari cerita yang telah disampaikan? Sampaikan pula pada siswa bahwa pujian adalah bentuk apresiasi terhadap hal positif yang telah dilakukan.
·         Diskusikan bersama dengan siswa mengenai ungkapan-ungkapan yang dapat disampaikan saat memberikan apresiasi kepada orang lain.
·         Perlihatkan kartu bergambar kepada siswa, lalu minta siswa memberikan contoh ungkapan pujian.
·         Lakukan beberapa kali ulangan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai kalimat pujian.
Ayo Berlatih
·         Siswa diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa.
·         Selain itu, siswa diminta menulis kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah mereka alami di waktu kecil.
Ayo  Mengamati
·         Siswa diminta mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.
·         Tanyakan pada siswa pertanyaanpertanyaan yang berkaitan dengan Pancasila, misalnya ada berapakah sila dalam pancasila.
·         Tanyakan kembali kepada siswa apakah mereka sudah hafal Pancasila atau belum.
·         Ajak siswa untuk membaca Pancasila bersama-sama.
·         Selesai membacakan bunyi dari Pancasila, ajak siswa mengamati bunyi sila kedua.
Ayo  Berlatih
·         Tunjukkan kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila ke-2 Pancasila.
·         Acak kartu tersebut dan minta siswa menyusun kembali bunyi dari sila ke-2 Pancasila.
·         Setelah tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.
30 Menit X  35 JP
Penutup
·              Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
·              Kegiatan pembelajaran ditutup dengan doa bersama.

15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·         Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·         Alat musik seperti gitar (jika memiliki keterampilan bermain gitar).
·         Rekaman berupa contoh lagu ”Burung Kakaktua” (atau dapat dinyanyikan oleh guru).
·         Teks lagu ”Burung Kakaktua” sebagai panduan bagi siswa dalam menyanyikannya.
·         Buku siswa.
·         Poster Teks Pancasila.

H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan (lihat pedoman penilaian).
2.      Penilaian Pengetahuan
        Tes tertulis mengenai ungkapan pujian berdasarkan gambar
        Tes lisan mengenai bunyi sila kedua dari Pancasila
3.      Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
1. Membedakan
tempo cepat
atau lambat
pada sebuah
lagu
Dapat
membedakan
tempo lagu
pada saat
menyanyikannya
maupun melalui
gerakan tubuh
dari awal
hingga akhir
lagu dengan
konsisten
Dapat
membedakan
tempo lagu
pada saat
menyanyikannya
maupun melalui
gerakan tubuh
dari awal hingga
akhir lagu dengan
melakukan 2–5
gerakan yang
tidak sesuai
tempo
Dapat membedakan
tempo
lagu pada saat
menyanyikannya
maupun melalui
gerakan tubuh
dari awal hingga
akhir lagu dengan
melakukan 5–10
gerakan yang tidak
sesuai tempo
Gerakan tubuh
tidak sesuai
tempo lambat
atau cepat


Mengetahui
Kepala Sekolah,



Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002



Guru Kelas 1



Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002

0 comments:

Post a Comment