CONTOH MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI
Nurul Huda Harjowinangun Barat
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5
x 35 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
SBDP
3.2 Mengenal
elemen musik melalui lagu.
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu.
Indikator :
·
Siswa
dapat membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah,
dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara
lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikkan
ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan
menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
Indikator :
·
Siswa
dapat menyalin kalimat pujian
·
Siswa
dapat membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman
PPKn
1.1 Mensyukuri
ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang Negara “Garuda Pancasila”.
2.1 Bersikap
santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila
dalam lambing negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengenal
simbol sila-sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan
simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Indikator :
·
Siswa
dapat Menyebutkan bunyi sila ke-2
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah
lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
2.
Dengan mendengarkan
lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang
memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
3.
Dengan
melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung
Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
4.
Dengan
melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung
Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
5.
Dengan
mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan
pemberian pujian dengan tepat.
6.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara
lisan dengan tepat.
7.
Dengan
menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan
tepat.
8.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
9.
Dengan
mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi
sila-sila Pancasila dengan benar.
10.
Dengan
menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan
sila-sila Pancasila dengan tepat.
11.
Dengan
bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat
menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
12.
Dengan
mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat
mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Membedakan
ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
·
Menyebutkan
bunyi sila ke-2
·
Menyalin
kalimat pujian
·
Membuat
kalimat pujian berdasarkan pengalaman
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
·
Salah
satu siswa diminta untuk memimpin doa.
·
Guru
mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
pelajaran yang akan disampaikan.
·
Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Bernyanyi
·
Guru
membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar.
Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda
Piara”.
·
Tanyakan
kepada siswa apakah mereka mengenal lagu tersebut atau tidak.
·
Ajak siswa
untuk menyanyikan lagu berikutnya, ”Burung Kakaktua”, bersama-sama untuk
membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan belajar.
·
Guru
memainkan lagu dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian.
·
Siswa
diminta berdiri bersama-sama dan melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai
lagu yang dimainkan atau dinyanyikan oleh guru.
·
Setelah
beberapa kali melakukan gerakan cepat maupun lambat sesuai dengan tempo lagu,
ajak siswa kembali duduk dan berdiskusi bersama.
·
Tanyakan
kepada siswa apa yang mereka rasakan saat melakukan gerakan mengikuti musik
yang dimainkan oleh guru.
·
Berikan
kesempatan pada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
·
Ajak
siswa menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
·
Jelaskan
mengenai makna dari tempo pada sebuah lagu.
·
Bagi
siswa menjadi beberapa kelompok.
·
Siapkan
gulungan kertas bertuliskan cepat atau lambat.
·
Minta
perwakilan kelompok untuk mengambil gulungan kertas dan menyanyikan lagu
”Burung Kakaktua” dengan tempo sesuai yang tertera di kertas, apakah ketukan
cepat atau lambat.
·
Kelompok
siswa yang belum memperoleh giliran diminta mengamati ketepatan tempo dari
lagu yang tengah dinyanyikan.
·
Lakukan
sampai semua kelompok memperoleh giliran bernyanyi.
·
Berikan
apresiasi pada kelompok siswa yang telah menyanyikan lagu ”Burung Kakaktua”
sesuai tempo yang diminta.
Ayo Mengamati
·
Guru
membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat
berdasarkan kreativitas guru).
·
Pada
saat membacakan cerita, berikan penekanan pada bagian yang berisi ungkapan pujian.
·
Selesai
bercerita, lakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang
telah dibacakan.
·
Tanyakan
kepada siswa apakah mereka mendengar ungkapan pujian dari cerita yang telah
disampaikan? Sampaikan pula pada siswa bahwa pujian adalah bentuk apresiasi
terhadap hal positif yang telah dilakukan.
·
Diskusikan
bersama dengan siswa mengenai ungkapan-ungkapan yang dapat disampaikan saat
memberikan apresiasi kepada orang lain.
·
Perlihatkan
kartu bergambar kepada siswa, lalu minta siswa memberikan contoh ungkapan
pujian.
·
Lakukan
beberapa kali ulangan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai
kalimat pujian.
Ayo Berlatih
·
Siswa
diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku
siswa.
·
Selain
itu, siswa diminta menulis kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah
mereka alami di waktu kecil.
Ayo Mengamati
·
Siswa
diminta mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.
·
Tanyakan
pada siswa pertanyaanpertanyaan yang berkaitan dengan Pancasila, misalnya ada
berapakah sila dalam pancasila.
·
Tanyakan
kembali kepada siswa apakah mereka sudah hafal Pancasila atau belum.
·
Ajak
siswa untuk membaca Pancasila bersama-sama.
·
Selesai
membacakan bunyi dari Pancasila, ajak siswa mengamati bunyi sila kedua.
Ayo Berlatih
·
Tunjukkan
kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila ke-2
Pancasila.
·
Acak
kartu tersebut dan minta siswa menyusun kembali bunyi dari sila ke-2
Pancasila.
·
Setelah
tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
·
Sebagai
penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan
meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
·
Kegiatan
pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·
Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
·
Alat
musik seperti gitar (jika memiliki keterampilan bermain gitar).
·
Rekaman
berupa contoh lagu ”Burung Kakaktua” (atau dapat dinyanyikan oleh guru).
·
Teks
lagu ”Burung Kakaktua” sebagai panduan bagi siswa dalam menyanyikannya.
·
Buku
siswa.
·
Poster
Teks Pancasila.
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.
Penilaian Sikap :
Observasi selama kegiatan
Pengamatan
dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan (lihat pedoman penilaian).
2.
Penilaian Pengetahuan
•
Tes tertulis
mengenai ungkapan pujian berdasarkan gambar
•
Tes
lisan mengenai bunyi sila kedua dari Pancasila
3.
Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Sangat Baik
(86 – 100)
|
Baik
(71 – 85)
|
Cukup
(61 – 70)
|
Perlu Bimbingan
(≤ 60)
|
1. Membedakan
tempo cepat
atau lambat
pada sebuah
lagu
|
Dapat
membedakan
tempo lagu
pada saat
menyanyikannya
maupun melalui
gerakan tubuh
dari awal
hingga akhir
lagu dengan
konsisten
|
Dapat
membedakan
tempo lagu
pada saat
menyanyikannya
maupun melalui
gerakan tubuh
dari awal hingga
akhir lagu dengan
melakukan 2–5
gerakan yang
tidak sesuai
tempo
|
Dapat membedakan
tempo
lagu pada saat
menyanyikannya
maupun melalui
gerakan tubuh
dari awal hingga
akhir lagu dengan
melakukan 5–10
gerakan yang tidak
sesuai tempo
|
Gerakan tubuh
tidak sesuai
tempo lambat
atau cepat
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002
|
|
Guru Kelas 1
Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002
|
0 comments:
Post a Comment