Sunday, March 4, 2018

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 2 Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  MI Nurul Huda Harjowinangun Barat
Kelas / Semester          :   I (Satu) / 2
Tema 6                            :   Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1                   :   Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                :   1
Alokasi Waktu               :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
                     dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
          KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
          KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak            beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.8      Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
4.8      Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah

Indikator :
¡    Menyebutkan dan menuliskan ungkapan petunjuk yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.2      Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2      Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2      Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2      Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

Indikator :
¡    Diskusi tentang aturan menjaga kebersihan di rumah

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2      Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2      Menirukan elemen musik melalui lagu

Indikator :
¡    Membedakan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu sesuai tema

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡    Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
¡    Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
¡    Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
¡    Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
¡    Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
¡    Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡    Menyebutkan dan menuliskan ungkapan petunjuk yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah
¡    Diskusi tentang aturan menjaga kebersihan di rumah
¡    Membedakan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu sesuai tema

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran siswa.
¡  Salah seorang siswa diminta memimpin doa.
¡  Guru mengajak siswa melakukan tepuk semangat dan meneriakkan yelyel untuk mencairkan suasana.
¡  Guru menjelaskan kontrak belajar yang akan dilakukan hari ini serta hal-hal apa saja yang diharapkan dari siswa.
¡  Salah seorang siswa diminta menjelaskan kembali kegiatan-kegiatan apa yang akan mereka lakukan selama pertemuan ini.

10 menit
Inti
¡  Siswa dan guru ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah sambil membawa matras/alas senam lantai.
¡  Siswa melakukan gerakan pemanasan dengan panduan guru.
¡  Guru menyiapkan matras dan meletakkannya di lantai.
¡  Siswa memerhatikan penjelasan dan peragaan guru tentang gerak berguling ke samping kanan dan kiri serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
¡  Guru berbaring di atas matras dengan posisi badan terlentang dan tangan diletakkan lurus sejajar badan.
¡  Lalu guru menggulingkan badan ke kanan sampai ke tepi matras. Lalu berguling kembali ke kiri sampai ke tengah matras/ posisi semula.
¡  Guru bangkit dan meminta salah satu siswa maju untuk mempraktikkan gerakan yang baru dicontohkan guru.
¡  Guru memberikan aba-aba dengan peluit. Saat peluit pertama berbunyi siswa berguling ke kanan. Saat peluit dibunyikan kembali siswa berguling ke kiri sampai posisi semula. Dilanjutkan dengan siswa lain, sampai semua siswa mendapat giliran.
¡  Setelah semua siswa mendapat giliran, guru mengadakan adu cepat berguling,agar siswa lebih bersemangat.
¡  Matras dibagi menjadi 2 bagian dengan diitandai oleh garis di tengah matras (misalnya dengan lakban/isolasi).
¡  Lalu siswa dibagi 2 kelompok. Satu orang dari masing-masing kelompok diminta maju dan berbaring berdampingan di atas matras dengan di batas berlawanan (yang satu ke kanan, yang lain ke kiri) ke arah tepi matras. Siswa yang lebih dulu sampai di tepi matras, menjadi pemenangnya. Dilanjut dengan anggota kelompok lain
¡  Selesai berolahraga siswa mengucapkan syukur kepada Tuhan dan melanjutkan kegiatan berikutnya.
¡  Setelah siswa siap melanjutkan pelajaran guru menanyakan apakah siswa suka membantu orang tua membersihkan rumah. Adakah di antara mereka yang bisa mengepel lantai.
¡  Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya.
¡  Lalu guru menunjukkan cara mengepel lantai seperti yang terdapat pada buku teks yang dilengkapi gambar.
¡  Guru menerangkan langkah-langkahnya sesuai dengan urutan gambarnya.
¡  Siswa diminta mencermati ungkapan petunjuk yang ada.
¡  Guru mengacak kembali urutan gambar tersebut.
¡  Guru meminta salah satu siswa maju ke depan kelas untuk mengurutkan gambar petunjuk cara mengepel lantai. Setelah selesai dicoba satu siswa lagi sampai seluruh siswa memahami petunjuk tersebut dan bisa menjelaskannya kembali.
¡  Guru menjelaskan ciri-ciri ungkapan petunjuk dan fungsinya dalam komunikasi sehari-hari.
¡  Setelah siswa memahami bagaimana cara mengurutkan cerita bergambar sesuai dengan kalimat petunjuknya, guru meminta siswa mengurutkan cerita gambar yang ada di lembar kerja pada buku paket. (LK dapat di foto kopi dan diperbesar agar memudahkan siswa mengguntingnya dan menyusunnya sesuai ungkapan petunjuknya.
¡  Siswa diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan LK tersebut.
¡  Setelah waktu yang diberikan habis, siswa diminta mengumpulkan hasil kerjanya.

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡  Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.
¡  Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
¡  Siswa juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan. Guru memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyampaikannya.
¡  Guru menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan positif maupun negatif, agar siswa memiliki kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
¡  Guru juga memberikan reward kepada siswa yang menunjukkan sikap-sikap positif menonjol agar menjadi contoh buat siswa lain.
¡  Sebelum berdoa guru mengingatkan tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
¡  Salah satu siswa diminta memimpin doa.
¡  Guru mengucapkan salam penutup.
15 menit

G.     MEDIA DAN  ALAT PEMBELAJARAN
¡    Gambar keadaan rumah yang kontradiktif, yang satu bersih dan yang satu kotor
¡    Teks tentang Kebersihan Lingkungan Rumah
¡     Lembar kerja
¡    Alat musik ritmis (misalnya: triangle, tempurung kelapa, maracas, dan lain-lain)
¡    Buku teks tematik kelas 1 tema 6

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).
Penilaian Pengetahuan:
1.         Menyelesaikan lembar kerja pada buku teks, tentang mengidentifikasi ungkapan petunjuk dalam teks.
2.         Menjelaskan aturan-aturan di rumah terkait dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah.
Penilaian Keterampilan:
1.         Menulis ungkapan petunjuk
2.         Melakukan wawancara kepada teman
3.         Memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu

Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
1.    Menulis ungkapan petunjuk
Pemilihan kata
tepat, lafal ejaan
benar, kalimat
runut, tulisan rapi
2.    Melakukan
wawancara kepada
teman
Membuat persiapan wawancara,
melakukan
wawancara
dengan lancar,
menulis hasil
wawancara
dengan rapi,
menyampaikan
hasil wawancara
dengan percaya
diri.
Hanya
memenuhi 3
kriteria

Hanya
memenuhi 2
kriteria
Belum
memenuhi
kriteria
3.    Memeragakan kuat
lemah bunyi pada
sebuah lagu
Dapat
menyanyikan
semua bagian
kuat lemah bunyi
pada lagu tanpa
ada kesalahan
setiap baris
syairnya
Terdapat 3-1
baris lagu
yang tidak
tepat dalam
menyanyikan
bunyi kuat
lemahnya
Terdapat 5-4
baris lagu
yang tidak
tepat dalam
menyanyikan
bunyi kuat
lemahnya
Terdapat lebih
dari 5 baris
lagu yang tidak
tepat dalam
menyanyikan
bunyi kuat dan
lemahnya



Mengetahui
Kepala Sekolah,



Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002


Guru Kelas 1



.......................................
NIP. ...............................

0 comments:

Post a Comment