RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Nurul Huda
Harjowinangun Barat
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 6 : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1 : Lingkungan
Rumahku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli,
dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan
maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan
petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan
dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
4.8 Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima
kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah,
dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara
lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
Indikator :
¡
Menyebutkan dan menuliskan ungkapan
petunjuk yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator :
¡
Diskusi tentang aturan menjaga
kebersihan di rumah
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
Indikator :
¡
Membedakan kuat lemah bunyi dalam
sebuah lagu sesuai tema
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Melalui kegiatan membaca dan menyimak
isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks
dengan tepat.
¡ Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa
dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
¡ Melalui kegiatan diskusi siswa mampu
menggali informasi dan menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan
kebersihan rumah.
¡ Melalui kegiatan wawancara siswa mampu
mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di
rumah.
¡ Dengan menyimak lagu dan penjelasan
guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
¡ Dengan menggunakan instrumen musik
ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡
Menyebutkan dan menuliskan ungkapan petunjuk
yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah
¡
Diskusi tentang aturan menjaga kebersihan
di rumah
¡
Membedakan kuat lemah bunyi dalam sebuah
lagu sesuai tema
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas serta mengecek
kehadiran siswa.
¡ Salah seorang siswa diminta memimpin doa.
¡ Guru mengajak siswa melakukan tepuk semangat dan
meneriakkan yelyel untuk mencairkan suasana.
¡ Guru menjelaskan kontrak belajar yang akan dilakukan hari
ini serta hal-hal apa saja yang diharapkan dari siswa.
¡ Salah seorang siswa diminta menjelaskan kembali
kegiatan-kegiatan apa yang akan mereka lakukan selama pertemuan ini.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa dan guru ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan
olahraga sekolah sambil membawa matras/alas senam lantai.
¡ Siswa melakukan gerakan pemanasan dengan panduan guru.
¡ Guru menyiapkan matras dan meletakkannya di lantai.
¡ Siswa memerhatikan penjelasan dan peragaan guru tentang
gerak berguling ke samping kanan dan kiri serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
¡ Guru berbaring di atas matras dengan posisi badan
terlentang dan tangan diletakkan lurus sejajar badan.
¡ Lalu guru menggulingkan badan ke kanan sampai ke tepi
matras. Lalu berguling kembali ke kiri sampai ke tengah matras/ posisi
semula.
¡ Guru bangkit dan meminta salah satu
siswa maju untuk mempraktikkan gerakan yang baru dicontohkan guru.
¡ Guru memberikan aba-aba dengan
peluit. Saat peluit pertama berbunyi siswa berguling ke kanan. Saat peluit
dibunyikan kembali siswa berguling ke kiri sampai posisi semula. Dilanjutkan
dengan siswa lain, sampai semua siswa mendapat giliran.
¡ Setelah semua siswa mendapat
giliran, guru mengadakan adu cepat berguling,agar siswa lebih bersemangat.
¡ Matras dibagi menjadi 2 bagian
dengan diitandai oleh garis di tengah matras (misalnya dengan
lakban/isolasi).
¡ Lalu siswa dibagi 2 kelompok. Satu orang dari
masing-masing kelompok diminta maju dan berbaring berdampingan di atas matras
dengan di batas berlawanan (yang satu ke kanan, yang lain ke kiri) ke arah
tepi matras. Siswa yang lebih dulu sampai di tepi matras, menjadi pemenangnya.
Dilanjut dengan anggota kelompok lain
¡ Selesai berolahraga siswa mengucapkan syukur kepada Tuhan
dan melanjutkan kegiatan berikutnya.
¡ Setelah siswa siap melanjutkan
pelajaran guru menanyakan apakah siswa suka membantu orang tua membersihkan
rumah. Adakah di antara mereka yang bisa mengepel lantai.
¡ Beberapa siswa diberi kesempatan
untuk menyampaikan pengalamannya.
¡ Lalu guru menunjukkan cara mengepel
lantai seperti yang terdapat pada buku teks yang dilengkapi gambar.
¡ Guru menerangkan langkah-langkahnya
sesuai dengan urutan gambarnya.
¡ Siswa diminta mencermati ungkapan
petunjuk yang ada.
¡ Guru mengacak kembali urutan gambar tersebut.
¡ Guru meminta salah satu siswa maju
ke depan kelas untuk mengurutkan gambar petunjuk cara mengepel lantai.
Setelah selesai dicoba satu siswa lagi sampai seluruh siswa memahami petunjuk
tersebut dan bisa menjelaskannya kembali.
¡ Guru menjelaskan ciri-ciri ungkapan
petunjuk dan fungsinya dalam komunikasi sehari-hari.
¡ Setelah siswa memahami bagaimana
cara mengurutkan cerita bergambar sesuai dengan kalimat petunjuknya, guru
meminta siswa mengurutkan cerita gambar yang ada di lembar kerja pada buku paket. (LK dapat di foto kopi dan diperbesar agar memudahkan siswa mengguntingnya dan menyusunnya sesuai ungkapan petunjuknya.
¡ Siswa diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan LK
tersebut.
¡ Setelah waktu yang diberikan habis, siswa diminta
mengumpulkan hasil kerjanya.
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡ Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa
setelah mengikuti seluruh kegiatan.
¡ Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
¡ Siswa juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan
hasil belajar yang mereka rasakan. Guru memberi kesempatan beberapa siswa untuk
menyampaikannya.
¡ Guru menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan
evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan positif maupun
negatif, agar siswa memiliki kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
¡ Guru juga memberikan reward kepada siswa yang menunjukkan
sikap-sikap positif menonjol agar menjadi contoh buat siswa lain.
¡ Sebelum berdoa guru mengingatkan tentang hal-hal yang
harus dilakukan di rumah.
¡ Salah satu siswa diminta memimpin doa.
¡ Guru mengucapkan salam penutup.
|
15 menit
|
G. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
¡ Gambar keadaan rumah yang kontradiktif, yang satu bersih
dan yang satu kotor
¡ Teks tentang Kebersihan Lingkungan Rumah
¡ Lembar kerja
¡ Alat musik ritmis (misalnya: triangle, tempurung kelapa,
maracas, dan lain-lain)
¡
Buku
teks tematik kelas 1 tema 6
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Sikap:
Pengamatan
dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat
pedoman penilaian).
Penilaian Pengetahuan:
1.
Menyelesaikan
lembar kerja pada buku teks, tentang mengidentifikasi ungkapan petunjuk dalam
teks.
2.
Menjelaskan
aturan-aturan di rumah terkait dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah.
Penilaian Keterampilan:
1.
Menulis
ungkapan petunjuk
2.
Melakukan
wawancara kepada teman
3.
Memeragakan
kuat lemah bunyi pada sebuah lagu
Keterampilan
|
Kriteria
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendampingan
|
|
1.
Menulis ungkapan petunjuk
|
Pemilihan kata
|
tepat, lafal ejaan
|
benar, kalimat
|
runut, tulisan rapi
|
2. Melakukan
wawancara kepada
teman
|
Membuat persiapan wawancara,
melakukan
wawancara
dengan lancar,
menulis hasil
wawancara
dengan rapi,
menyampaikan
hasil wawancara
dengan percaya
diri.
|
Hanya
memenuhi 3
kriteria
|
Hanya
memenuhi 2
kriteria
|
Belum
memenuhi
kriteria
|
3. Memeragakan
kuat
lemah bunyi pada
sebuah lagu
|
Dapat
menyanyikan
semua bagian
kuat lemah bunyi
pada lagu tanpa
ada kesalahan
setiap baris
syairnya
|
Terdapat 3-1
baris lagu
yang tidak
tepat dalam
menyanyikan
bunyi kuat
lemahnya
|
Terdapat 5-4
baris lagu
yang tidak
tepat dalam
menyanyikan
bunyi kuat
lemahnya
|
Terdapat lebih
dari 5 baris
lagu yang tidak
tepat dalam
menyanyikan
bunyi kuat dan
lemahnya
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Makhfudl, S.Pd.I
NIP. 196806102002121002
|
|
Guru Kelas 1
.......................................
NIP. ...............................
|
0 comments:
Post a Comment