RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2
Tema 9 : Kayanya Negeriku
Sub Tema 1 : Kekayaan
Sumber Energi di Indonesia
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 :
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli,
dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi,
perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari,
panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator :
§ Mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air, siswa
mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik dengan
penuh tanggung jawab
IPS
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator :
§
Memahami
hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
§
Memahami
hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh tanggung jawab
§
Mengenal
lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui
wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
Indikator :
§
Membaca
teks dan mengamati gambar tentang siklus beberapa hewan, siswa memahami siklus
hidup beberapa hewan dengan penuh rasa kepedulian.
§
Membaca
teks dan mengamati gambar tentang sumber energi air dan listrik, siswa
mengetahui salah satu contoh sumber energi yang banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
§
Membaca
bacaan tentang lingkungan, siswa memahami hubungan manusia dengan lingkungan
dengan penuh kepedulian.
§
Membuat
peta pikiran, siswa dapat memahami hubungan manusia dengan lingkungan dengan
penuh tanggung jawab
§
Mengamati
gambar lingkungan alam, siswa dapat mengenal lingkungan alam dengan penuh
kepedulian.
§
Membaca
teks dan mengamati gambar tentang siklus beberapa hewan, siswa memahami siklus
hidup beberapa hewan dengan penuh rasa kepedulian.
§
Membaca
teks dan mengamati gambar tentang sumber energi air dan listrik, siswa
mengetahui salah satu contoh sumber energi yang banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian
§
Mengamati
gambar pembangkit listrik tenaga air, siswa mengetahui keterkaitan antara
sumber daya air dengan energi listrik dengan penuh tanggung jawab.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
§
Membaca
bacaan tentang lingkungan.
§
Membuat
peta pikiran.
§
Mengamati
gambar lingkungan alam.
§
Membaca
teks dan mengamati gambar tentang air energi air dan lsitrik.
§
Berdiskusi
ergi air dan listrik.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru menyapa siswa dan mengondisikan
kelas serta mengecek kehadiran siswa.
¡
Salah seorang siswa diminta memimpin
doa.
¡
Guru mengajak siswa melakukan tepuk
semangat dan meneriakkan yelyel untuk mencairkan suasana.
¡
Guru menjelaskan kontrak belajar
yang akan dilakukan hari ini serta hal-hal apa saja yang diharapkan dari
siswa.
¡
Salah seorang siswa diminta
menjelaskan kembali kegiatan-kegiatan apa yang akan mereka lakukan selama
pertemuan ini.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara
klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
¡
Siswa mengamati gambar tentang pengaruh contoh sumber
energi, yaitu air dan listrik.
¡
Siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara
cermat.
5 Catatan:
1.
Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali
informasi.
2.
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi
sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3. Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan
dialog interaktif.
Hasil yang Diharapkan
·
Siswa merangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih
lanjut tentang sumber energi dan keterkaitan antar ruang dan kegiatan
manusia.
·
Siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Ayo Mengamati
¡
Secara mandiri siswa mengamati gambar pmbangkit listrik
tenaga air.
¡
Selsesai mengamati, siswa mencari keterkaitan anatar air
dengan listrik.
¡
Pada akhir kegaitan, guru menunjuk beberapa siswa secara
acak untuk membacakan hasilnya.
¡
Guru mengkonfimasi setiap jawaban siswa untuk kemudian memandu
siswa untuk membuat kesimpulan secara bersama-sama.
Hasil yang Diharapkan
·
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari
sebuah gambar.
·
Melalui gambar, siswa dapat mengetahui hubungan antara air
dengan listrik.
Ayo Membaca
¡
Siswa membaca bacaan yang berjudul “Air dan Listrik”.
¡
Secara mandiri, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan
bacaan.
¡
Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian
dievaluasi ketepatan jawabannya dari setiap jawaban siswa.
Hasil yang Diharapkan
·
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari
sebuah bacaan.
·
Melalui gambar, siswa dapat mengetahui hubungan antara air dengan
listrik.
Ayo
Berlatih
¡
Siswa melakukan pengamatan berkaitan dengan cara kerja
lsitrik menggunakan saklar.
¡
Guru mengarahkan kepada siswa untuk membuat catatan
pengamatan.
¡
Berdasarkan catatan pengamatan, siswa menyusun sebuah
kesimpulan dari pengamatan.
¡
Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian
dievaluasi kebenarannya.
Hasil yang Diharapkan
·
Siswa memiliki keterampilan untuk melakukan pengamatan dan
anlisa suatu peristiwa secara tepat.
·
Melalui gambar, siswa dapat mengetahui cara kerja listrik.
Ayo Membaca
¡
Siswa membaca bacaan berjudul Lingkungan.
Alternatif
Pelaksanaan Diskusi:
Alternatif
1:
Guru
memberikan waktu selama 15 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
Alternatif
2:
Guru
menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain
menyimak.
Alternatif
3:
Bacaan
tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.Berlatih
¡
Siswa secara mandiri menjawab pertanyaan-pertanyaan pada
buku siswa.
Alternatif
Jawaban:
1. Pengertian
lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi
perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.
2. Lingkungan
biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup.
3. Lingkungan biotik
adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk tak hidup.
4. Fungsi
lingkungan: sebagai tempat hidup dan mencari makan, Lingkungan sebagai Tempat
Berlangsungnya. Aktivitas Manusia, Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
(Habitat).
5. Lingkungan bisa
mempengaruhi lingkungan, karena dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk
kegiatan dalam pemenuhan kebutuhannya manusia senantiasa beradaptasi atau
menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.
Hasil yang Diharapkan
·
Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari
sebuah bacaan.
·
Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui hubungan antara
manusia dengan lingkungan.
Ayo Berdiskusi
¡
Guru memngingatkan kembali tentang isi bacaan dengan judul
“LIngkungan”, guru meminta siswa untuk mencari informasi mengenai manfaat
lingkungan bagi kehidupan manusia.
¡
Siswa mencari inormasi dengan cara bertanya atau melakukan
wawancara sederhana terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya.
¡
Siswa menuliskan informasi yang ia dapatkan dalam tabel yang
disediakan.
¡
Siswa saling menukarkan informasi yang mereka dapatkan dan
saling memberikan komentar positif dan saran perbaikan.
Hasil yang Diharapkan
·
Pengetahuan siswa tentang manfaat lingkungan bagi kehidupan.
·
Keterampilan siswa dalam mencari dan menyajikan informasi.
9Renungkan
¡
Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah
dipelajari, berkaitan dengan sumber energy lingkungan, dan keterampilan wawancara.
Catatan:
¡
Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak
materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
¡
Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah
mempelajari materi.
Hasil yang Diharapkan
·
Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat
pencapaian yang dicapainya.
Kerja Sama dengan Orang Tua
¡
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati penggunaan air
dalam kehidupan sehari-hari keluarganya.
¡
Siswa mencatat kegiatan yang memanfaatkan air dan banyaknya
air yang digunakan.
¡
Siswa juga mencatat usaha hemat air yang sudah dilakukan
oleh keluarganya dalam menghemat air?
Hasil yang Diharapkan
·
Siswa memiliki kepedulian terhadap sekitar.
·
Siswa mampu menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa
lain.
·
Siswa memiliki keterampilan untuk mengungkapakan pendapat.
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Sebagai penutup guru menanyakan
bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.
¡
Siswa bergantian merespon pertanyaan
guru.
¡
Siswa juga diminta melakukan
refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan. Guru memberi
kesempatan beberapa siswa untuk menyampaikannya.
¡
Guru menyampaikan beberapa hal yang
menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan
positif maupun negatif, agar siswa memiliki kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
¡
Guru juga memberikan reward kepada
siswa yang menunjukkan sikap-sikap positif menonjol agar menjadi contoh buat
siswa lain.
¡
Sebelum berdoa guru mengingatkan
tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
¡
Salah satu siswa diminta memimpin
doa.
¡
Guru mengucapkan salam penutup.
|
15 menit
|
G. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
§
Buku,
teks bacaan sumber energi air dan listrik, bacaaan tentang lingkungan,
gambar
bendungan dan gardu listrik, pedoman wawancara
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
dan Pengetahuan:
Hasil yang
ditulis
sesuai
dengan
kejadian
atau
peristiwa
yang
tampak pada
gambar yang diamati
|
Keseluruhan
jawaban
yang ditulis
siswa
sesuai
dengan
gambar yang
diamati
dan benar
dalam
mengelompokkan
jawaban.
|
Keseluruhan
jawaban
yang ditulis
siswa
sesuai
dengan
gambar yang
diamati
dan sebagian
besar benar
dalam
mengelompokkan
jawaban.
|
Sebagian
besar
jawaban yang
ditulis
siswa sesuai
dengan
gambar yang
diamati dan
sebagian
besar benar
dalam
mengelompokkan
jawaban.
|
Hanya
sebagian kecil
jawaban yang
ditulis
siswa sesuai
dengan
gambar yang
diamati
dan hanya
sebagian
kecil benar
dalam
mengelompokkan
jawaban.
|
Penggunaan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar:
Bahasa Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dalam
penulisan
kesimpulan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
efisien dan
menarik
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan
efisien
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
sangat
efisien dalam
sebagian
besar
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
sangat
efisien dalam
sebagian
kecil
penulisan.
|
Sikap:
Tulisan hasil
pengamatan
dibuat
dengan
cermat dan
teliti,
sesuai dengan
tenggat
waktu dan
batasan
materi yang
ditugaskan
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan,
disertai
juga dengan
kreatifitas
dalam
bekerja
menunjukkan
kualitas
sikap yang
sangat baik
dan
terpuji.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas
sikap yang
sangat baik.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas
sikap yang
masih dapat
terus
ditingkatkan.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas
sikap yang
masih harus
terus
diperbaiki.
|
Keterampilan
Penulisan:
Tulisan
hasil
pengamatan
dibuat
dengan
benar,
sistematis
dan jelas,
yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang baik
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
sangat baik,
di atas
rata-rata kelas.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang baik.
|
Sebagian
besar hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
|
Hanya
sebagian
kecil hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
masih perlu
terus
ditingkatkan
|
2.
Rubrik Membuat Kesimpulan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
dan Pengetahuan:
Isi
kesimpulan
lengkap,
menunjukkan
pengetahuan
penulis
yang
menyeluruh
atas materi
yang
diringkas.
|
Keseluruhan
kesimpulan
dibuat
dengan
baik,
lengkap dan
dapat
memberikan
informasi
singkat
yang berguna
bagi
pembaca,
serta
disajikan
dengan
menarik.
|
Keseluruhan
kesimpulan
dibuat
dengan
baik,
lengkap dan
dapat
memberikan
informasi
singkat
yang berguna
bagi
pembaca.
|
Sebagian
besar
kesimpulan
dibuat
dengan baik
dan
dapat
memberikan
informasi
singkat
yang berguna
bagi
pembaca.
|
Hanya
sebagian
kecil
kesimpulan
dibuat
dengan
baik,
lengkap dan
dapat
memberikan
informasi
singkat
yang berguna
bagi
pembaca.
|
Penggunaan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar:
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dalam
penulisan
kesimpulan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
efisien dan
menarik
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan
efisien
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
sangat
efisien dalam
sebagian
besar
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
sangat
efisien dalam
sebagian
kecil
penulisan.
|
Sikap:
Kesimpulan
dibuat
dengan
cermat dan
teliti,
sesuai
dengan
tenggat
waktu dan
batasan
materi yang
ditugaskan.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan,
disertai
juga dengan
kreatifitas
dalam
bekerja
menunjukkan
kualitas
sikap yang
sangat baik
dan
terpuji.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas
sikap yang
sangat baik.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas
sikap yang
masih dapat
terus
ditingkatkan.
|
Kecermatan,
ketelitian bekerja,
dan
ketepatan waktu
dalam
pemenuhan
tugas yang
diberikan
menunjukkan
kualitas
sikap yang
masih harus
terus
diperbaiki.
|
Keterampilan
Penulisan:
Kesimpulan
dibuat
dengan
benar,
sistematis
dan jelas,
yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang baik.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
kesimpulan
yang
sistematis dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
sangat baik,
di atas
rata-rata kelas.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
kesimpulan
yang
sistematis dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang baik.
|
Sebagian
besar hasil
penulisan
kesimpulan
yang
sistematis dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
|
Hanya
sebagian
kecil hasil
penulisan
kesimpulan
yang
sistematis
dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
masih perlu
terus
ditingkatkan.
|
3.
Rubrik Membuat Peta Pikiran (mind map)
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
dan Pengetahuan:
Isi mind
map lengkap,
menunjukkan
pengetahuan
penulis
yang baik
atas materi
yang
disajikan.
|
Mind map
yang lengkap
dan
infomatif
dan
memudahkan
pembaca
memahami
keseluruhan
materi.
Beberapa
gambar
dan
keterangan lain
yang
diberikan memberikan
tambahan
informasi
berguna
bagi pembaca
|
Mind
map yang lengkap
dan
infomatif
dan
memudahkan
pembaca
memahami
keseluruhan materi.
|
Mind
map yang lengkap
dan
infomatif
dan
memudahkan
pembaca
memahami
sebagian
besar
materi.
|
Mind
map yang lengkap
dan
infomatif
dan
memudahkan
pembaca
memahami
beberapa
bagian dari
materi.
|
Penggunaan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar :
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam penulisan
mind map.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
dan sangat
efektif
digunakan
dalam penulisan
keseluruhan
kalimat
dalam mind
map.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam penulisan
keseluruhan
kalimat
dalam mind
map.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam
penulisan
sebagian
besar
kalimat dalam
mind map.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam
penulisan
beberapa
bagian dari mind
map.
|
SIkap:
Mind map
dibuat dengan
mandiri,
cermat dan
teliti,
sesuai dengan
tenggat
waktu dan
batasan
materi yang
ditugaskan
|
Mind
map dibuat
dengan
lengkap,
mandiri,
cermat dan
teliti,
diselesaikan
sesuai batas
waktu,
dengan
beberapa
penambahan
kreatifitas
untuk
menjelaskan
materi.
|
Keseluruhan mind
map dibuat dengan
mandiri
lengkap,
cermat dan
teliti,
diselesaikan
sesuai
batas waktu
yang
diberikan.
|
Sebagian
besar mind
map dibuat dengan
mandiri,
lengkap,
cermat dan
teliti,
diselesaikan
sesuai
batas waktu
yang
diberikan.
|
Hanya
beberapa
bagian mind
map
dibuat
dengan
mandiri,
lengkap,
cermat dan
teliti,
diselesaikan
sesuai
batas waktu
yang
diberikan.
|
Keterampilan
Penulisan:
Mind
map
dibuat
dengan benar,
sistematis,
dan
menarik
menunjukkan
keterampilan
pembuatan
mind
map yang baik
|
Keseluruhan mind
map yang sangat
menarik,
jelas dan
benar ,
menunjukkan
ketrampilan
membuat
mind map
yang
tinggi dari pembuatnya.
|
Keseluruhan mind
map yang menarik,
jelas dan
benar ,
menunjukkan
ketrampilan
membuat
mind map
yang baik
dari pembuatnya.
|
Sebagian
besar mind
map yang dibuat
dengan
menarik,
jelas dan
benar ,
menunjukkan
ketrampilan
membuat
mind map
yang terus
berkembang
dari
pembuatnya.
|
Bagian-bagian
mind
map yang dibuat
dengan
menarik, jelas
dan benar ,
menunjukkan
ketrampilan
membuat mind
map
yang dapat
terus
ditingkatkan.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 4
( ___________________ )
NIP ..................................
|
0 comments:
Post a Comment